Rabu, 09 Maret 2022 21:44

Pemkab Gowa - Gojek Jalin Kerjasama Digitalisasi UMKM

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Hadirnya Gojek sebagai mitra akan mendukung pelaku UMKM Kabupaten Gowa bisa bersaing dengan UMKM yang ada di Sulawesi Selatan.

GOWA -- Secara bertahap program prioritas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni pada periode kedua ini mulai terealisasi, salah satunya peningkatan UMKM.

Hal itu terbukti melalui Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama PT Goto Gojek Tokopedia terkait digitalisasi dan pelatihan UMKM di Kabupaten Gowa yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (9/3).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, industri 4.0 merupakan industri digitalisasi, sehingga harus dipersiapkan dari sekarang agar Kabupaten Gowa mampu mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga : Bupati Gowa Minta Mahasiswa KKN Unhas Edukasi Warga Soal Kewenangan Perbaikan Jalan

"Salah satu bukti nyata yang kita lakukan dalam menghadapi 4.0 adalah seperti yang kita lakukan hari ini yaitu MoU dengan PT Gojek yang akan bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM kita agar tidak ketinggalan dengan UMKM lainnya," ungkap orang nomor satu di Gowa ini.

Bupati Adnan mengaku, situasi pandemi ini memaksa semua beralih secara online tak terkecuali bagi UMKM. Hadirnya Gojek sebagai mitra akan mendukung pelaku UMKM Kabupaten Gowa bisa bersaing dengan UMKM yang ada di Sulawesi Selatan.

"Hari ini kita memulai sebuah cara untuk mendukung pelaku UMKM kita yang ada di Gowa, ini agar pelaku usaha kita tidak ketinggalan dan mampu bersaing dengan pelaku UMKM yang lebih luas lagi," jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Baca Juga : Bupati Gowa Turunkan Tim Pemantau Awasi Harga dan Stok Jelang Iduladha

Olehnya pada kesempatan tersebut diringa mengungkapkan apresiasi dan terimakasihnya kepada Gojek karena membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat.

Sponsored by MGID

"Terimakasih dan apresiasi kita kepada Gojek, kami ingin jika ini berjalan dengan baik maka tentu akan menciptakan rekrutmen tenaga kerja yang pastinya akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Gowa," harap Adnan.

Sementara Distric Head Gojek Sulawesi, Adwin Pratama Anas mengatakan penandatanganan ini menjadi awal bagi Gojek dan Pemkab Gowa dalam menjalin kerjasama.

Baca Juga : Bupati Gowa Persilakan PSM Makassar Latihan di Stadion Kalegowa

Ia mengatakan pihaknya bersama dinas terkait akan menyasar UMKM di Gowa khususnya memberikan edukasi terkait digitalisasi pada UMKM.

"Kami selalu siap mensupport apa yang menjadi harapan Pemkab Gowa khususnya dalam hal digitalisasi. Langkah awal yang kita lakukan melihat dulu apa yang dibutuhkan oleh UMKM misalnya pelatihan, sosialisasi ataupun sudah online namun kemasannya yang kurang menarik itu kita akan edukasikan," jelasnya.

Tak hanya itu sebagai penanda dan menarik minta pelanggan, pihaknya akan menampilkan banner 'UMKM Gowa Bangkit' yang akan muncul setiap pengguna mengakses aplikasi Gofood dan menyediakan diskon hingga 20 persen.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siap Jalankan Program Rumah Tahfidz

"Kita juga membuat banner di aplikasi, jadi ketika itu di klik maka muncul seluruh UMKM Gowa yang sudah terdaftar di Gojek/Gofood dan ada ekstra diskon sampai 20 persen juga," tambah Adwin.

Pada penandatangan ini turut diikuti Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa dan beberapa pelaku UMKM yakni Browcyl Gowa dan Alvokad Kocok Duobig.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan #gojek