Kamis, 24 Februari 2022 16:37

Sandiaga Uno ke Luhut Binsar Panjaitan: Mohon Bantuannya Pak Menko Pesawatnya

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sandiaga Uno dan Luhut Binsar Panjaitan saat kunjungan kerja ke Sulsel.
Sandiaga Uno dan Luhut Binsar Panjaitan saat kunjungan kerja ke Sulsel.

"Karena ada permintaan besar dari BPPD Sulsel"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap adanya penerbangan langsung dari Sulawesi Selatan ke Nusa Tenggara Barat.

Hal ini disampaikan Sandiaga Uno dalam acara BBIBWI Sulsel 2022 di Makassar, Kamis (24/2/2022). Permintaan itu setelah sedikitnya 2.000 tiket Moto GP laku terjual di Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, MotoGP akan dilakukan pada Maret 2022 mendatang di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Penjabat Gubernur Sulsel Serahkan 4.100 Bibit Pohon dan 2.341 SK PPPK

Laporan penjualan tiket gelaran Moto GP Mandalika itu diterima langsung oleh Sandiaga Uno dari Badan Promosi Pariwasata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan. Permintaan itu pun langsung dilayangkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan.

"Mohon bantuannya Pak Menko (Luhut Binsar Panjaitan) pesawatnya. Karena ada permintaan besar dari BPPD Sulsel kalau ada 2.000 tiket Moto GP Mandalika dibeli di Makassar ini," kata Sandiaga.

Sandiaga juga memohon bantuan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas terkait hal tersebut. Ia menyebut ini akan menjadi kebangkitan prekonomian di Sulsel dan NTB.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Tanah Longsor di Tana Toraja

"Pak Anas mohon dibantu, LKPP ini ada di garis terdepan kemajuan kita. Mari kita bangkitkan ekonomi kita dan buka peluang usaha," ucapnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi gerak cepat Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dalam keikutsertaannya pada perhelatan Moto GP di Mandalika.

Kerja sama BPPD Sulsel dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Sirkut Mandalika hingga hadirnya layanan penerbangan langsung atau direct flight dari Makassar-Lombok-Makassar atau UPG-LOP-UPG yang telah diluncurkan pada 22 Februari 2022 lalu.

Baca Juga : Kunjungi Lokasi Banjir di Luwu, Pj Gubernur Sulsel Beri Bantuan Sembako ke Warga Terdampak

"Alhamdulillah sesuai dengan hasil komitmen bersama dan penjajakan bersama Provinsi NTB maka tim (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) bersama BPPD Sulsel telah menginisiasi kerja sama dalam launching direct flight," kata Andi Sudirman, Rabu (23/2/2022).

Adapun rencana penerbangan perdana dari Makassar ke Lombok dilakukan pada 9 Maret 2022 mendatang. Sementara penerbangan dari Lombok ke Makassar dilakukan pada 10 Maret 2022. Penerbangan perdana akan menggunakan maskapai penerbangan Wings Air dari Lion Air Group.

"Dengan program ini maka penerbangan dapat dilaksanakan secara langsung Makassar-Lombok diperkirakan sekitar 1 jam 45 menit. Penerbangan langsung ini mempersingkat jarak tempuh dan waktu," tambahnya.

Baca Juga : Diinisiasi Pj Gubernur Sulsel, Penanaman Pohon Serentak Peringati Hari Bumi Banjir Dukungan

Andi Sudirman menyebut program ini akan menggerakkan perekonomian Sulsel. Bahkan warga yang menjadi penumpang dalam penerbangan Makassar - Lombok, nantinya bisa berperan menjadi Duta Wisata bagi Sulsel.

"Ini akan menggerakkan perekonomian Sulsel dalam upaya program percepatan pemulihan ekonomi. Jadi mereka bisa berperan menjadi Duta Wisata dan akan mempromosikan Provinsi Sulawesi Selatan di NTB, khususnya di Mandalika," katanya.

 

#sandiaga uno #Luhut Binsar Panjaitan #Plt Gubernur #Pemprov Sulsel