Kamis, 27 Januari 2022 08:25

Direktur Alsintan Kementan Resmikan Pembangunan Lumbung Pangan Mandiri di Wajo

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Alsintan Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, berkunjung ke Kabupaten Wajo, Rabu (26/1/2022).
Direktur Alsintan Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, berkunjung ke Kabupaten Wajo, Rabu (26/1/2022).

Lumbung pangan mandiri merupakan pengembangan cadangan pangan masyarakat yang didasari dari nilai Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability Atlasā€“FSVA) yang dikeluarkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Wajo.

RAKYATKU.COM, WAJO - Bupati Wajo Amran Mahmud, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Muhammad Ashar, menyambut kunjungan Direktur Alsintan Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah, di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu (26/1/2022).

Kunjungan ini dalam rangka peresmian pembangunan lumbung pangan mandiri (LPM) di Kelurahan Malakke, Kecamatan Belawa. Selain itu, untuk meninjau lokasi persiapan pembungan integrated farming system berbasis jagung di Kelurahan Macanang, Kecamatan Majauleng.

Andi Nur Alam Syah menyampaikan, pihaknya sangat mendukung ketersediaan pangan. Integrated farming system, kata dia, adalah pengembangan sistem usahatani yang mengintegrasikan beberapa usaha tanaman lain (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan) dan peternakan yang dikelola secara terpadu.

Baca Juga : Lomba Inovasi Daerah Pemkab Wajo Kini Masuki Tahapan Presentasi dan Wawancara

Integrated farming system, lanjut dia, berorientasi ekonomi dan ekologis sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada petani. Dia juga mengapresiasi pembangunan lumbung pangan mandiri di Wajo.

Lumbung pangan mandiri merupakan pengembangan cadangan pangan masyarakat yang didasari dari nilai Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability Atlas–FSVA) yang dikeluarkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

 

Kehadirannya berfungsi sebagai cadangan pangan dalam rangka pemberdayaan dan perlindungan masyarakat dari kerawanan pangan.

Baca Juga : Dekan FKH Unair Apresiasi Penanganan PMK di Jawa Timur

Turut hadir pada kesempatan ini Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putra, dan Kepala Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I, Andi Faisal. (*)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #Kementerian Pertanian