Selasa, 18 Januari 2022 14:26

Injak Usia 12 Tahun, Wisma Kalla Bakal Hadirkan Deretan Terobosan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jajaran manajemen Wisma Kalla saat konferensi pers di Wisma Kalla, Jalan Sam Ratulangi, Kota Makassar, Selasa (18/1/2022).
Jajaran manajemen Wisma Kalla saat konferensi pers di Wisma Kalla, Jalan Sam Ratulangi, Kota Makassar, Selasa (18/1/2022).

Wisma Kalla kini juga telah menjadi gedung perkantoran yang berhasil meraih Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pertama di Kota Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Berdiri sejak 2010 lalu, Wisma Kalla hadir sebagai salah satu gedung perkantoran terkemuka di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kini, menginjak usia ke-12 tahun, gedung yang berlokasi di Jalan Sam Ratulangi itu terus melakukan deretan terobosan untuk pembenahan dan peningkatkan kualitas pelayanan dengan mengembangkan beberapa konsep pelayanan.

Salah satu yang akan dilakukan adalah menjadikan Wisma Kalla sebagai gedung perkantoran terbaik di Indonesia timur.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Wisma Kalla kini juga telah menjadi gedung perkantoran yang berhasil meraih Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pertama di Makassar. SLF diterbitkan oleh pemerintah atas bangunan gedung yang telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis sesuai fungsi bangunan.

Wisma Kalla memberikan kenyamanan dan keamanan gedung yang layak dalam skala perkantoran. Selain itu, juga sukses membuka ruang gerakan Coorporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap masyarakat sekitar.

Ricky Theodores selaku Chief Operation Officer (COO) Kalla Inti Karsa mengungkapkan, pada 2022 ini ada beberapa langkah yang dilakukan Wisma Kalla guna menjadi gedung perkantoran memadai.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Di antaranya menggunakan konsep high-tech building, membuka ruang coworking atau creative space, menerapkan green office building, menggarap new concept amphitheater, hingga penataan kelola pencahayaan di seluruh gedung.

"Menjawab tantangan zaman, Wisma Kalla terus berinovasi dalam menghadirkan ruang perkantoran yang aman dan sesuai perkembangan tren perkantoran. Gedung perkantoran dewasa ini seharusnya dapat lebih fleksibel dan hadir dengan suasanan menyenangkan. Selain itu, Wisma Kalla juga di tahun 2022 ini akan melakukan beragam perubahan guna meningkatkan kenyamanan penghuni gedung," kata Ricky, Selasa (18/1/2022).

Beberapa langkah yang akan dilakukan dalam mengaplikasikan konsep high-tech office building, yakni dengan menyediakan fasilitas fiber optik, audio video conference, dan free wi-fi berkecepatan tinggi di beberapa spot.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

Meningkatkan kreativitas karyawan yang berkantor di Wisma Kalla, pada 2022 ini akan dibangun coworking space/creative space yang bertempat di lantai tiga. Selain berfungsi sebagai creative space, area tersebut juga dapat dimanfaatkan karyawan sebagai sarana untuk mengaktualisasikan diri. Creative space ini memliki sarana berupa podcast studio dan creative spot.

Wisma Kalla juga bercita-cita menjadi salah satu gedung parkantoran yang ramah lingkungan, dengan menerapkan prosedur pemilahan sampah dan penanganan limbah B3. Saat ini, Wisma Kalla telah melakukan kajian mengenai izin limbah B3. Tak hanya itu, upaya ini juga ditinjau oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar.

Amphiteather Wisma Kalla akan menjadi salah satu spot area yang akan di ubah menjadi area yang lebih asri dan lebih hidup. Area ini akan dimaksimalkan menjadi salah satu centre piece Wisma Kalla.

Baca Juga : 3 Program Studi Kalla Institute Raih Akreditasi Baik dari Asesor BAN PT

Tempat ini akan menjadi ruang bagi karyawan untuk melakukan kegiatan dengan nyaman dan santai dan diharapkan akan menaikkan nilai Wisma Kalla sebagai green building.

Secara bertahap, Wisma Kalla melakukan pengantian sumber pencahayaan gedung, yang sebelumnya menggunakan bohlam, secara bertahap akan diganti menjadi lampu LED yang ramah lingkungan.

Tenant dan calon tenant yang akan berkantor di Wisma Kalla juga akan dilakukan penggantian lampu-lampu dengan menggunakan lampu LED secara bertahap.

Baca Juga : Kalla Group Ajak Puluhan Jurnalis Ikut Media Outing,

Saat ini Wisma Kalla telah dimanfaatkan sebagai ruang perkantoran untuk 23 perusahaan. Di antaranya 13 anak perusahaan Kalla Group dan 10 perusahaan umum di luar ruang lingkup Kalla Group.

Wisma Kalla juga memiliki dua mesin ATM Bank Mandiri dan Bank BNI yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Selain itu, tujuh warung kuliner yang menyajikan beragam menu makanan dan minuman pilihan.

Tak hanya itu, Wisma Kalla juga memiliki tiga fasilitas unggulan, yakni Saoraja Ballroom, Klinik & Nursery Room, hingga musala yang memadai dan nyaman. (*)

#Kalla Group #Wisma Kalla