Sabtu, 15 Januari 2022 11:52

Bupati Wajo: Peran Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Sangat Dibutuhkan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelantikan dan rapat kerja (raker) Pengurus Cabang (PC) Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Kabupaten Wajo di Hotel Sermani, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (15/1/2022).
Pelantikan dan rapat kerja (raker) Pengurus Cabang (PC) Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Kabupaten Wajo di Hotel Sermani, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (15/1/2022).

"Untuk SKM (sarjana kesehatan masyarakat) tentu diharapkan bagaimana menghadirkan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Kami berharap ke depannya agar inovasi yang ada saat ini bisa lebih ditingkatkan," seru Amran Mahmud.

RAKYATKU.COM, WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud, berharap para sarjana dan profesional kesehatan terus berkontribusi mendukung program pemerintah daerah (pemda). Terlebih pada masa pandemi COVID-19 saat ini yang sangat membutuhkan peran tenaga kesehatan (nakes).

Amran Mahmud menyampaikan itu saat menghadiri pelantikan dan rapat kerja (raker) Pengurus Cabang (PC) Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Kabupaten Wajo di Hotel Sermani, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (15/1/2022).

Pada kegiatan yang dirangkaikan dengan seminar kesehatan bertema Optimalisasi Peran SKM dalam Mendukung Percepatan Vaksinasi dan Pencegahan Pandemi COVID-19 Varian Omicron ini, Amran Mahmud didaulat menjadi keynote speaker.

Baca Juga : Pemkab Wajo Raih Kategori A Implementasi NSPK dari BKN

Turut hadir menjadi narasumber, yakni Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persakmi, Ridwan Amiruddin, Ketua Umum Pengurus Daerah (PD) Persakmi Sulsel, Sukri Palutturi dan Andi Mansur Sulolipu.

Andi Sumange Alam terpilih dan dilantik menjadi Ketua Umum PC Persakmi Wajo dan dilantik bersama para pengurus lainnya oleh Ketua Umum PP Persakmi, Ridwan Amiruddin.

 

Selain itu, hadir Kepala Dinas Kesehatan Wajo, Armin, Direktur RSUD Lamaddukelleng, Andi Ela Hafid, Direktur RSUD Siwa, Gusaidi, para Pengurus Cabang Persakmi Wajo terpilih, ketua organisasi profesi kesehatan, serta undangan lainnya.

Baca Juga : Pertemuan Saudagar Bugis Makassar, Amran Mahmud Komitmen Permudah Izin Investasi di Wajo

Amran Mahmud berharap para sarjana kesehatan masyarakat (SKM) terus meningkatkan potensi diri. Apalagi melalui Persakmi ini, pemerintah berharap agar selalu ada upaya untuk peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Sponsored by MGID

Menurutnya, memasuki era 5.0, semua dituntut untuk kerja cepat dan berupaya berkreasi serta melahirkan inovasi di bidang masing-masing.

"Untuk SKM tentu diharapkan bagaimana menghadirkan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Kami berharap ke depannya agar inovasi yang ada saat ini bisa lebih ditingkatkan," seru Amran Mahmud.

Baca Juga : Hasil Audit BPK, Wajo Raih Opini WTP untuk Kesembilan Kalinya

Amran Mahmud yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) menyampaikan selamat atas pelantikan para PC Persakmi Wajo sekaligus berharap agar semua pengurus bisa memanfaatkan momen seminar dengan baik.

"Semoga dari seminar ini bisa lahir ide-ide yang cemerlang. Apalagi Pak Ketua Umum Pengurus Pusat hadir dan memberikan materi. Silakan rancang konsep strategis ke depan untuk menyesuaikan dengan program pemerintah Daerah," kata Amran Mahmud.

Sementara, Ketua Umum PP Persakmi, Ridwan Amiruddin, pada kesempatannya mengapresiasi secara khusus seragam PC Persakmi Wajo yang terbuat dari bahan sutra. Dia berjanji akan mempromosikan seragam ini ke tingkat pusat agar sutra Wajo bisa lebih dikenal.

Baca Juga : Hadiri Musda Orari Sulsel di Makassar, Bupati Wajo Siap Berkolaborasi

"Kami titip Persakmi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo untuk menjadi mitra, khususnya dalam program di bidang kesehatan apalagi penanganan pandemi saat ini," ujar Ridwan.

Ketua Umum PC Persakmi Wajo, Andi Sumange Alam, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Wajo atas kehadiran dan dukungannya pada kegiatan ini.

"Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Pengurus Pusat dan Ketua Umum Pengurus Daerah Persakmi yang menyempatkan diri untuk hadir di Wajo dan akan memberikan sharing dan materi kepada kami," kata dia.

Baca Juga : Halalbihalal MUI, Bupati Wajo Beber Peran Besar Ormas Islam

Andi Sumange Alam juga menyampaikan bahwa PC Persakmi Wajo siap bersinergi dan mendukung program pemerintah daerah. "Kami berharap Persakmi ini bisa menjadi rumah bagi para sarjana kesehatan masyarakat, khususnya di Kabupaten Wajo," pungkasnya. (*)

#pemkab wajo #Amran Mahmud #PC Persakmi Wajo