Kamis, 13 Januari 2022 02:44

Pala dan Cengkeh Dari Sulsel Diekspor ke Rusia

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ekspor Sulsel perdana Pala dan Cengkeh tujuan Rusia.
Ekspor Sulsel perdana Pala dan Cengkeh tujuan Rusia.

Pala dan cengkeh yang diekspor ini merupakan hasil dari petani Luwu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komoditas pertanian menjadi ekspor perdana tahun 2022 di Provinsi Sulawesi Selatan. Pelepasan ekspor itu berlangsung di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar pada Minggu 10 Januari 2022.

Komoditas pala dan cengkeh yang diekspor langsung menuju Negara Rusia. Adapun ekspor yang dilakukan eksportir, CV Surya Mandiri Sejahtera dengan volume ekspor 15 ton senilai US$ 123.386,36 atau setara dengan Rp 1,7 Miliar.

Bagi perusahaan ini, menjadi ekspor perdana di bawah perusahaan miliknya. Apalagi eksportir ini merupakan kelompok UKM dibawah binaan Dinas Perdagangan Sulsel.

Baca Juga : Satu Tahun Perjuangan Gubernur Andalan Alihkan Bandara Sorowako Jadi Milik Pemprov Sulsel

"Eksportir dari CV Surya Mandiri Sejahtera merupakan pemuda asal Kabupaten Luwu yang juga UKM binaan Dinas Perdagangan. Mereka sebelumnya telah melakukan ekspor, namun masih melalui perusahaan milik orang lain yang berada di Surabaya. Dan Alhamdulillah sudah memiliki perusahaan sendiri dan bisa langsung diekspor ke Rusia," ungkap Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari F. Radjamilo pada Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, hal ini tak terlepas dari dukungan dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang senantiasa memberikan arahannya dalam menggenjot ekspor. Apalagi nilai ekspor menjadi salah satu indikator capaian kabupaten/Kota untuk mendapatkan bantuan keuangan daerah dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

Terlebih, Sulsel pun dikarunia beragam hasil komoditas. Khususnya pertanian. Pala dan cengkeh yang diekspor ini merupakan hasil dari petani Luwu.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Kebakaran di Takalar

"Alhamdulillah, Sulawesi Selatan diberkahi dengan barang apapun semua ada di sini, mau cengkeh, pala, coklat, kopi dan lain-lain bisa kita ekspor semuanya. Insya Allah Sulawesi Selatan akan banyak produk-produk andalan kita yang bisa di ekspor," sebutnya.

Sponsored by MGID

Ia berharap, ini bisa menjadi contoh bagi UKM lainnya untuk turut serta dalam melakukan ekspor. Dikatakan bahwa UKM bisa juga untuk melakukan ekspor ke luar negeri langsung pengiriman melalui Makassar.

"Sekarang sudah era baru, kita memiliki Makassar New Port, kita memiliki infrastruktur andalan, kita memiliki bandara. Saya berharap untuk seluruh teman-teman UKM untuk ikut meningkatkan ekspor di Provinsi Sulawesi Selatan," terangnya.

#Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel #expor #Rusia