Selasa, 11 Januari 2022 13:17

Sentimen Publik Positif Tertinggi, Mentan SYL Dinilai Tingkatkan Gairah Bertani dan Investasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Indonesia Indicator.
Foto: Indonesia Indicator.

Berdasarkan data pantauan berita tercatat berita positif Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), sebanyak 59 persen, sedangkan sentimen netral sebesar 33 persen, dan sentiment negatif sebanyak 8 persen.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinasi Perekonomian menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju teratas dengan sentimen pemberitaan publik positif sepanjang 2021. Ini berdasarkan monitoring media yang dilakukan Indonesia Indicator.

Berdasar kajian Indonesia Indicator, ada tiga isu utama yang paling banyak diberitakan dan dilekatkan kepada sosok Mentan SYL di media dalam kurun 2021.

Pertama, peningkatan produksi, panen produk pertanian, kemudian agenda-agenda kunjungan kerja Mentan SYL, dan program Food Estate. Ketiga narasi isu utama tersebut cenderung bersentimen positif.

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

Data Indonesia Indicator menunjukan Mentan SYL sepanjang tahun 2021 diberitakan oleh 1.944 portal media daring dengan jumlah berita sebanyak 38.075. Pemberitaan Mentan SYL pun dominan dikemas secara positif oleh media.

Berdasarkan data pantauan berita tercatat berita positif Mentan SYL sebanyak 59 persen, sedangkan sentimen netral sebesar 33 persen, dan sentiment negatif sebanyak 8 persen.

Mengenai hasil monitoring tersebut, akademisi ilmu komunikasi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Yoki Yusanto, mengatakan bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) telah bekerja keras dalam upaya mengejawatahkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada masa pandemi COVID-19 ini.

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

"Beliau (Mentan SYL) sosok yang memiliki segudang pengalaman, dari tingkat lurah, camat, bupati, gubernur, hingga sekarang sebagai menteri," kata Yoki, Selasa (11/1/2022).

Yoki menambahkan, atas hasil tersebut, Mentan SYL bersama jajarannya seyogyanya lebih keras lagi bekerja dan meningkatkan prestasinya secara nyata kepada seluruh rakyat Indonesia khususnya petani.

"Jika tidak menujukkan prestasi yang lebih membanggakan, itu justru dipertanyakan. Beliau adalah menteri yang tahu masalah di bawah karena merasakan apa yang terjadi pada rakyatnya, melalui pengalamannya,” ungkapnya.

Baca Juga : Kebut Optimalisasi Lahan, Kementan Gelar Tanam Padi Perdana di Kalimantan Tengah

Yoki berharap pemberitaan positif Kementan di bawah komando Mentan SYL sepanjang tahun 2021 membangkitkan gairah investasi di sektor riil dan industrialisasi pertanian dan peternakan di pelbagai daerah dengan tetap meningkatkan ketersediaan akses dan kualitas konsumsi pangan, peningkatan nilai tambah lapangan kerja di bidang pertanian dan peternakan. (*)

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo #Indonesia Indicator