Minggu, 09 Januari 2022 13:42

Ramah Tamah HAB 76, Kakanwil Kemenag Sulsel Berpesan untuk Saling Menjaga Kerukunan Antar Umat

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ist
ist

“Kerukunan antar umat ini penting karena menjadi faktor utama dalam mendongkrak perkembangan dan kemajuan ekonomi bagi rakyat dan daerah kita,"ujar Khaeroni.

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA,- Setelah melaksanakan Upacara Puncak Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-76 Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 3 Januari lalu, keluarga besar Kemenag Sulsel menggelar acara ramah tamah yang menjadi penutup rangkaian kegiatan HAB tingkat Kemenag Sulsel.

Acara silaturrahmi jajaran keluarga besar Kemenag Sulsel kali ini digelar di lokasi Wisata Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba,di Hotel Anda, Sabtu (9/1/2022).

Silaturahmi ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba, Kakanwil Kemenag Sulsel, para Pimpinan Forkopimda Kabupaten Bulukumba, Ketua MUI Sulsel, Ketua FKUB Sulsel, para Pimpinan Ormas Keagamaan dan Wali Agama Agama, Kepala Balai Diklat dan Litbang Keagamaan Makassar.

Baca Juga : 13 Jemaah Haji Embarkasi Makassar Meninggal di Arab Saudi, Ini Daftar Lengkapnya

Hadir juga para pejabat eselon III, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang, Kakankemenag Kab/Kota beserta jajarannya, para Pimpinan Bank BUMN Mitra Kemenag Sulsel, pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag se-Sulsel.

Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni menyampaikan kesyukurannya atas hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama yang dirilis baru-baru ini dimana menyebutkan bahwa Sulsel pencapaiannya berada diatas rata-rata Nasional.

Hal ini kemudian menjadikan Sulsel menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam prioritas Pencanangan Tahun Kerukunan di 2022.

Baca Juga : Jemaah Haji Kloter Perdana Gelombang Kedua Embarkasi Makassar Berangkat Pakai Ihram

Kakanwil juga menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah membantu kesuksesan kegiatan HAB Kemenag Sulsel.

"Lebih khusus kepada seluruh warga Kemenag Sulsel yang telah menorehkan prestasi demi prestasi yang telah mengangkat nama Institusi Kemenag baik di tingkat Regional, Nasional bahkan Internasional,"kata Khaeroni.

Lebih lanjut, Khaeroni mengatakan bahwa hadiah terbesar dari Kabupaten Bulukumba adalah telah terselesaikannya persoalan pendirian rumah ibadah, dan Pemda telah mengeluarkan Perda kewajiban membayar zakat bagi seluruh ASN

Baca Juga : 20 Tahun Nantikan Anak, Calon Jemaah Haji Asal Bone Batal Berangkat karena Hamil

“Kerukunan antar umat ini penting karena menjadi faktor utama dalam mendongkrak perkembangan dan kemajuan ekonomi bagi rakyat dan daerah kita,"ujarnya.

Khaeroni berpesan, jika kita bisa saling menghargai, tidak saling menghujat, caci maki, serta saling menjaga kerukunan dan kedamaian, maka apa saja bisa kita lakukan, banyak mimpi mimpi besar untuk kemajuan daerah dan umat bisa kita wujudkan.

"Disinilah Kemenag harus tampil bersama kita semua, untuk memastikan mimpi-mimpi itu semua bisa menjadi nyata,"ucap Khaeroni.

Baca Juga : 20 Hotel Setara Bintang 3 Siap Sambut Jemaah Haji Embarkasi Makassar di Makkah

Wakil Bupati Bulukumba H. Edy Manaf dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh warga Kemenag Sulsel yang telah mempercayakan pemusatan kegiatannya di Butta Panrita Lopi, sehingga warga Bulukumba bisa mendapatkan berkah yang luar biasa besar dari Kementerian Agama.

Edy Manaf sangat berharap kepada warga Kemenag agar senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama untuk menjaga keutuhan NKRI.

Acara ramah tamah HAB ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan khusus kepada sejumlah ormas keagamaan, satuan kerja dan insan Kementerian Agama yang telah mengharumkan nama Sulsel di kancah regional, nasional dan internasional dengan torehan sejumlah prestasi bergengsi, serta penyerahan piala, piagam dan hadiah kepada seluruh pemenang lomba dan pertandingan pada porseni menyambut hari jadi Kemenag tingkat Sulsel.

Baca Juga : 1.571 Jemaah Haji Embarkasi Makassar Tiba di Madinah

Berbagai kegiatan dilakukan Kemenag Sulsel di hari jadi Kemenag ini diantaranya ziarah dan tabur bunga ke taman makam pahlawan, kunjungan ke sejumlah panti asuhan dan pondok tahfidz, upacara peringatan HAB, Porseni yang berisi sejumlah lomba baik dari Kanwil maupun dari Dharma Wanita Persatuan Kemenag Sulsel, dan puncaknya malam hari ini yakni malam ramah tamah sekaligus menutup seluruh rangkaian HAB ke-76 tingkat Sulsel.

#Kemenag Sulsel #Khaeroni #Hari Amal Bakti Ke-76