Senin, 03 Januari 2022 08:56

Belum Ada Satu pun, Warga Afghanistan Serukan Negara di Dunia Akui Pemerintahan Taliban

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Hingga kini belum ada satu pun negara yang secara resmi mengakui rezim baru itu karena rekam jejak kelompok militan tersebut sebelumnya.

RAKYATKU.COM, KABUL - Sejumlah warga di ibu kota Kabul menyerukan dunia internasional mengakui pemerintahan Taliban.

"Para demonstran ingin agar pemerintah saat ini diakui. Pemerintah ini seharusnya diakui dunia karena ini pemerintahan Afghanistan," kata Abubakar Zaland, salah seorang penyelenggara demonstrasi yang berlangsung pada Ahad (2/1/2021).

Taliban mengambil alih Afghanistan pada pertengahan Agustus 2021 lalu setelah menyapu bersih Angkatan Bersenjata Afghanistan dan memaksa pemerintah yang didukung Barat untuk mundur.

Baca Juga : Serangan Bom Saat Salat Jumat di Afghanistan, Mayat di Mana-Mana

Hingga kini belum ada satu pun negara yang secara resmi mengakui rezim baru itu karena rekam jejak kelompok militan tersebut sebelumnya.

Associated Press (AP) melaporkan, ketika Taliban terakhir kali menguasai Afghanistan hampir 20 tahun lalu, mereka melarang perempuan dan anak perempuan untuk mendapat pendidikan dan ikut terlibat dalam kehidupan publik, mewajibkan laki-laki memelihara janggut dan salat, melarang olahraga dan hiburan, serta mengeksekusi orang yang dinilai bersalah di depan umum.

Namun, pejabat pemerintah Taliban saat ini mengatakan mereka akan menerapkan aturan berbeda, termasuk pada akhirnya mengizinkan semua anak perempuan untuk bersekolah.

Baca Juga : Dinilai Menyesatkan, Taliban Larang TikTok hingga PUBG

Taliban juga telah meminta masyarakat internasional untuk mencairkan dana pemerintah yang dibekukan sejumlah negara-- termasuk Amerika Serikat (AS)--agar dapat membantu mencegah terjadinya bencana kemanusiaan. (*)

Sponsored by MGID

Sumber: AP, VOA Indonesia

#Taliban #Afghanistan