Rabu, 29 Desember 2021 11:44

Larut Malam Presiden Palestina Kunjungi Rumah Menteri Pertahanan Israel, Ini yang Dibahas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. (Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany)
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. (Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Pembantu tingkat atas Mahmoud Abbas, Hussein Al Sheikh, mengatakan pertemuan itu telah menghasilkan kesepakatan soal pentingnya membuat horison politik sebagaimana kondisi medan ketegangan yang disebabkan tindakan-tindakan warga wilayah pendudukan.

RAKYATKU.COM, TEL AVIV - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mengunjungi Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz.

Diberitakan Associated Press, Rabu (29/12/2021), pertemuan berlangsung di rumah Menteri Pertahanan Israel, di Israel Tengah, saat larut malam. Demikian kata pejabat senior Palestina. Ini adalah pertama kalinya Abbas bertemu dengan pejabat israel sejak 2010.

Benny Gantz menyatakan, dirinya berkomitman untuk meningkatkan rasa saling percaya, sebagaimana dibahas pada pertemuan yang lebih dahulu, juga dia berkomitmen meningkatkan koordinasi masalah keamanan.

Baca Juga : Israel Lolos Piala Dunia U-20 di Indonesia, Begini Respons Menpora dan PSSI

Pembantu tingkat atas Mahmoud Abbas, Hussein Al Sheikh, mengatakan pertemuan itu telah menghasilkan kesepakatan soal pentingnya membuat horison politik sebagaimana kondisi medan ketegangan yang disebabkan tindakan-tindakan warga wilayah pendudukan. Al Sheikh mengatakan keamanan, ekonomi, dan isu kemanusiaan juga dibahas.

Mahmoud Abbas memerintah wilayah Palestina yang meliputi kawasan Tepi Barat yang diduduki Israel. Dia mengupayakan kemerdekaan negara termasuk di seluruh Tepi Barat, Yerusalem timur, dan Jalur Gaza.

Israel mencaplok tiga wilayah itu pada 1967 meski mereka menarik diri dari Gaza pada 2005. Dua tahun kemudian, milisi Hamas menguasai wlayah itu dari tentara Mahmoud Abbas. Memang, Palestina terbagi menjadi dua kekuatan.

Baca Juga : Duta Besar Palestina: Konflik dengan Israel Bukan Persoalan Agama

Sumber: Associated Press

#mahmoud abbas #Benny Gantz #palestina #Israel