Sabtu, 04 Desember 2021 12:04

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ketua PPDI Sidrap: Kami Tidak Ingin Jadi Benalu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sidrap memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) di rumah jabatan Wakil Bupati Sidrap, Jumat (3/12/2021).
Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sidrap memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) di rumah jabatan Wakil Bupati Sidrap, Jumat (3/12/2021).

Penyandang disabilitas memerlukan ekosistem yang ramah dan dapat menerima mereka menjadi bagian dari anggota masyarakat dengan potensi yang sama dengan masyarakat lainnya.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sidrap memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) di rumah jabatan Wakil Bupati Sidrap, Jumat (3/12/2021).

Dilaksanakan bersama Dinas Sosial dan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sidrap, kegiatan ini dihadiri Ketua PPDI Sidrap, Yusran Hanafi, Kepala Dinas Sosial Sidrap diwakili Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Rehabilitasi Sosial, Nurhidayah, dan Ketua IPEMI Sidrap, Anita Kamagi Mahmud. Turut hadir, sejumlah anggota PPDI Sidrap.

Hari Disabilitas Internasional atau International Day of People with Disability (IDPwDs) diperingati 3 Desember tiap tahunnya. Adapun tema tahun ini, yakni Indonesia Inklusi, Indonesia Tangguh, dan Indonesia Tumbuh.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

"Peringatan bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman dalam upaya menghormati, melindungi, serta memenuhi hak-hak penyandang disabilitas di semua aspek bidang kehidupan, baik sosial, politik, ekonomi, dan budaya," ujar Yusran.

Penyandang disabilitas, lanjut Yusran, memerlukan ekosistem yang ramah dan dapat menerima mereka menjadi bagian dari anggota masyarakat dengan potensi yang sama dengan masyarakat lainnya.

"Kami tidak ingin menjadi benalu dalam keluarga, masyarakat, dan negara. Kami ingin menjadi aset bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Banyak bukti jika disabilitas diberi kesempatan, mereka dapat berkarya dengan baik. Pekerjaan rumahnya adalah bagaimana menciptakan ekosistem yang mendukung penyandang disabilitas," paparnya.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Bimbing Pelaku Usaha Terapkan QRIS

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Rehabilitasi Sosial Sidrap, Nurhidayah, mengapresiasi dan terharu atas komitmen penyandang disabilitas yang tidak ingin menjadi benalu dalam keluarga.

"Apa yang disampaikan Ketua PPDI tadi menunjukkan penyandang disabilitas ingin tetap produktif. Memang tidak boleh ada diskriminasi, jadi jangan berkecil hati atau minder. Kita semua sama," tuturnya.

Ia juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap tengah berusaha mengusulkan dan menyampaikan aspirasi para penyandang disabilitas Sidrap ke Kementerian Sosial.

Baca Juga : Soft Launching Aplikasi SiPeNGaja, Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Sidrap

"Kami juga telah berbicara dengan anggota DPRD Sidrap untuk terbitnya perda disabilitas. Karena ini merupakan celah masuknya bantuan-bantuan baik dari provinsi maupun dari pusat dan menjadi acuan kita ke depan," ucap Nurhidayah.

Sementara, Ketua IPEMI Sidrap, Anita Kamagi Mahmud, mengatakan rasa bangganya banyak penyandang disabilitas yang mandiri dan memiliki usaha yang sukses. "Semoga yang mandiri bisa lebih sukses, sementara yang masih merintis usaha diberi jalan dan rezeki," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, IPEMI Sidrap menyerahkan bingkisan kepada para penyandang disabilitas Sidrap.

#Hari Disabilitas Internasional #pemkab sidrap