Senin, 22 November 2021 08:15

Sampai Jumpa di Kalla Youth Fest Tahun Depan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kalla Youth Fest (KYF) 2021 sukses terselenggara selama dua hari di Nipah, 20--21 November 2021.
Kalla Youth Fest (KYF) 2021 sukses terselenggara selama dua hari di Nipah, 20--21 November 2021.

Event inipun menghadirkan berbagai inspirasi untuk memajukan anak muda Kota Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSARKalla Youth Fest (KYF) 2021 sukses terselenggara selama dua hari di Nipah, 20--21 November 2021. Event inipun berhasil menghadirkan berbagai inspirasi untuk memajukan anak muda Kota Makassar.

Solihin Jusuf Kalla selaku President Director Kalla Group turut melakukan sharing knowledge kepada peserta KYF 2021. Ia mengawalinya dengan menceritakan bagaimana Kalla Group didirikan oleh kakeknya, Hadji Kalla.

Perusahaan ini dibangun mulai dari toko, lalu mencoba menjual bermacam-macam barang dagangan. Kalla Group pun terus mengalami perkembangan sejauh ini hingga memiliki 4.000-an karyawan dan sudah hadir di seluruh Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

"Kita sampaikan ke anak muda agar jangan takut memulai demi masa depan. Kita ingin anak-anak yang memilki mimpi harus diejawantahkan. Kita sangat mendukung pemuda dan ingin membuat mereka memiliki kepercayaan yang tinggi. Nah, inilah fungsi kYF untuk memulai langkah mereka. Kita membuka network dan workshop yang menghadirkan ahli-ahlinya. Kita ingin maju bersama membangun Indonesia ke depan dari anak muda," tutur Solihin.

CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, juga menceritakan bagaimana perjalanan kariernya dimulai dari manajemen konsultan, masuk ke jajaran Board of Director (BoD) Bosowa hingga dipercaya menjadi CEO Bukalapak. Menurutnya, ada banyak jalan bagi generasi saat ini untuk mencapai kesuksesan dengan kemajuan teknologi yang ada.

“Critical thinking menjadi penting. Artinya bagaimana memilih konten belajar yang berkualitas. Kemudian, bagaimana anak-anak belajar dan mampu menciptakan hal-hal baru. Terakhir, bagaimana kita bisa berhubungan dengan baik dan menjadi memimpin,” kata Rachmat.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Ayu Kartika Dewi selaku Staf Khusus Presiden RI juga membagikan pengalamannya hingga bisa meraih pencapaiannya sejauh ini sekaligus mengajak pemuda untuk membekali diri untuk masa depan. Apalagi, menurutnya, dunia berubah begitu cepat.

“Kemuampuan untuk terus-menerus belajar menjadi penting karena apa pun yang dipelajari di sekolah saat ini, 10--20 tahun kemudian mungkin sudah tidak relevan. Untuk itu, kita harus terus me-reinvent skill kita dan terus berinovasi. Kapan pun, penting sekali menjadi generasi produktif,” ujar Ayu.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Husni Mubarak, juga membagikan pengalaman perjalanan kariernya yang dimulai dari seorang staf biasa. Ia pun memberi mengajak anak muda Kota Makassar untuk selalu bergerak maju.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

“Jangan lupa untuk selalu mengimbangi dengan agama apalagi di tengah kemajuan teknologi seperti ini. Agama sangatlah penting bagi generasi muda sebagai fondasi awal untuk ke depan,” tuturnya.

Sebelumnya, pada level up workshop, Marshall Pribadi selaku Founder & CEO Privy yang juga merupakan figur anak muda berpengaruh yang telah masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia pun melakukan sharing knowledge kepada peserta KYF 2021. Ia juga mengajak mereka untuk segera merealisasikan ide-ide bisnisnya. Selain itu, Muhammad Zaidy selaku produser film dari rumah produksi Palari Films dan Aditya Ahmad juga berbagi inspirasi terkait industri perfilman.

Baca Juga : 3 Program Studi Kalla Institute Raih Akreditasi Baik dari Asesor BAN PT

“Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme dan kolaborasi peserta KYF 2021. Kami berharap anak muda Kota Makassar mampu langsung mengaplikasikan ide-ide kreatif serta meningkatkan skill setelah mendapatkan sharing knowledge dari para expert. Sampai jumpa pada Kalla Youth Fest tahun depan,” tutur Aswan Amiruddin, Marketing & Corporate Communication Division Head Kalla Group.

Pada hari kedua, pengunjung KYF 2021 dihibur oleh Gangga, seorang musisi muda yang sangat populer dengan lagunya berjudul Blue Jeans. Pada KYF kali ini, KALLA bekolaborasi bersama Dinas Pemuda & Olahraga Kota Makassar serta menjadi bagian dari program Makassar Youth Creative Hub.

KYF 2021 yang hadir dengan tema "Connect & Level Up" ini juga memiliki banyak kegiatan-kegiatan menarik lainnya, mulai dari stand up comedy, street podcast, exhibition, traditional games, culinary, vaksinasi hingga donor darah.

Baca Juga : Kalla Group Ajak Puluhan Jurnalis Ikut Media Outing,

Dalam KYF 2021, tiap pengunjung wajib mengunduh Kalla Friends dan langsung mendapatkan 10.000 poin. Lalu mendapatkan tambahan poin 5.000 diperoleh dengan melakukan barcode get point yang sudah tersedia. Poin Kalla Friends bisa ditukarkan dengan pembelian di berbagai tenant, seperti ice cream Walls, Gastros dan BIKINBIKIN Creative Hub di lokasi acara.

Selama event berlangsung, pengunjung KYF 2021 tetap menerapkan protokol kesehatan. Bahkan mereka diwajibkan untuk melakukan swab antigen H-1 sebelum event.

#Kalla Youth Fest #Kalla Group