Senin, 15 November 2021 16:36

Ratu Elizabeth II Tidak Hadiri "Remembrance Day" gara-gara Punggung Terkilir

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ratu Elizabeth II. (Foto: AFP/John Stillwell)
Ratu Elizabeth II. (Foto: AFP/John Stillwell)

Seorang sumber di istana mengatakan, keseleo yang dialami ratu tidak berkaitan dengan penyakit yang menyebabkannya harus dirawat di rumah sakit.

RAKYATKU.COM - Ratu Elizabeth II tidak menghadiri upacara "Remembrance Day", Ahad (14/11/2021), di Cenotaph karena punggungnya terkilir.

Demikian pernyataan Istana Buckngham yang sekaligus memperpanjang ketidakhadiran penguasa Kerajaan Inggris berusia 95 tahun itu di muka umum, setelah ia diminta beristirahat menyusul perawatannya di rumah sakit bulan lalu.

Seorang sumber di istana mengatakan, keseleo yang dialami ratu tidak berkaitan dengan penyakit yang menyebabkannya harus dirawat di rumah sakit.

Baca Juga : Pemakaman Ratu Elizabeth II Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional Inggris

Ketidakhadiran Elizabeth pada acara yang dinilainya sebagai salah satu agenda terpenting tahun ini akan meningkatkan kekhawatiran tentang kondisi kesehatannya.

Upacara itu seharusnya menjadi penampilan langsung pertama sang ratu di hadapan publik sejak ia disarankan beristirahat, setelah dirawat semalam di rumah sakit pada 20--21 Oktober 2021.

"Yang Mulia Ratu kecewa karena ia akan melewatkan upacara tersebut," ungkap pihak istana dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga : Kerajaan Inggris Mulai Masa Berkabung hingga Tujuh Hari setelah Pemakaman Ratu Elizabeth II

Selama 69 tahun bertakhta, Ratu Elizabeth baru enam kali absen dari acara di Monumen Perang Cenotaph di pusat kota London itu, 4 kali karena bepergian ke luar negeri dan 2 kali karena sedang mengandung.

Kehadiran ratu pada acara tahunan itu telah menjadi salah satu citra yang menggambarkan kekuasannya selama berdekade-dekade.

Sumber istana mengatakan, ratu berharap dapat melanjutkan jadwal tugas resmi ringannya pekan ini seperti yang direncanakan. Ia baru-baru ini difoto saat bertemu para pejabat tinggi secara daring.

Baca Juga : Ratu Elizabeth II Wafat, Presiden Jokowi Berduka: Sosok yang Dikagumi dan Dicintai

Di Cenotaph, keluarga kerajaan bergabung dengan para pejabat pemerintahan, anggota militer dan para veteran Inggris untuk memperingati mereka yang gugur dengan meletakkan karangan bunga.

Beberapa tahun terakhir, putra sekaligus pewaris takhta, Pangeran Charles, telah meletakkan bunga atas nama Ratu Elizabeth, sementara sang ratu menyaksikan dari atas balkon di gedung Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran.

Untuk menghadiri acara tersebut, ratu harus menuju ke lokasi menggunakan mobil dari kediamannya di Kastil Windsor, sebelah barat London, dan berdiri selama waktu tertentu.

Baca Juga : Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

April lalu, suaminya selama lebih dari tujuh dekade, Pangeran Philip, wafat pada usia 99 tahun.

Sumber: VOA Indonesia, Reuters

#Ratu Elizabeth II #Kerajaan Inggris