Rabu, 10 November 2021 14:11

Institut Teknologi BJ Habibie Parepare Segera Terima Mahasiswa

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rektor ITBH, Ansar Suyuti.
Rektor ITBH, Ansar Suyuti.

Semester ini akan membuka pendaftaran 300 mahasiswa untuk mengisi tiga prodi dengan kuota 100 mahasiswa per prodi.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Institut Teknologi BJ Habibie (ITBH) yang berlokasi di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, segera membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tiga program studi, yaitu matematika, ilmu komputer/informatika, dan sistem informatika.

Rektor ITBH, Ansar Suyuti, menyampaikan untuk semester ini pihaknya berencana akan membuka pendaftaran 300 mahasiswa untuk mengisi tiga prodi dengan kuota 100 mahasiswa per prodi.

"Hanya saja, yang jalankan masih ITBH. Apalagi ruangan kita sudah siap, tinggal 15 dosen dan 8 CPNS tenaga pendidik yang ditunggu prosesnya di Kemenpan. Agar tidak membuang waktu, kita akan segera usulkan itu," jelas Ansar, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga : Prediksi Mendiang BJ Habibie, Wali Kota Parepare Yakin ITBH Akan Mendunia

Ansar mengaku pihaknya yang dibantu Pemkot Parepare telah melakukan pembenahan di gedung yang akan menjadi tempat perkuliahan. Hanya, hingga saat ini belum ada organisasi dan tata kelola.

"Sementara masih dibantu sama pegawai pemerintah daerah tujuh orang yang diusulkan untuk dialihkan ke Kementerian Pendidikan Tinggi (Kemendikti), termasuk aset gedung. Saat ini masih sementara proses,” ungkapnya.

Ansar pun memgapresiasi Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, sebagai pemimpin yang berani berjuang total mewujudkan visi misi dan platform pembangunan yang telah dicanangkan sejak awal kepemimpinannya.

Baca Juga : Belum Pernah Ketemu Taufan Pawe, Dekan FTI UMI Lontarkan Pernyataan Menarik tentang ITBH

Kehadiran ITBH, kata dia, menjadi bukti nyata komitmen kemajuan pendidikan yang berorientasi kerakyatan.

"Saya bilang ini luar biasa karena setingkat wali kota bisa mengambil legal standing di akhir kepemimpinan presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) saat itu. Tidak satu pun kepala daerah yang bisa melakukan kecuali Wali Kota Parepare. Perjuangan beliau dalam menghadirkan perguruan tinggi negeri ITBH sangat luar biasa," pujinya.

Perjuangan Taufan Pawe dalam menghadirkan ITBH tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak jalan terjal yang harus dilalui hingga mencapai titik nadir .

Baca Juga : Guru Besar Unhas Dilantik Jadi Rektor Pertama Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie

"Sejak 2014, saya ingin sekali Kota Parepare dibangun dengan menjadikan Bapak BJ Habibie sebagai sumber inspirasi. Kita liat ikon-ikonnya mendunia. Kita betul-betul tertatih dan berjuang dengan komitmen yang kuat, pada akhirnya ITBH hadir di Parepare," ucapnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#ITBH Parepare #Institut Teknologi BJ Habibie