Senin, 25 Oktober 2021 20:21

LPkM Latih Warga Borisallo Produksi Minumal Herbal Antioksidan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
LPkM Latih Warga Borisallo Produksi Minumal Herbal Antioksidan

Pada pengabdian masyarakat kali ini diberikan pelatihan cara pembuatan minuman herbal antioksidan yang dapat berfungsi sebagai peningkat imun tubuh.

RAKYATKU.COM -- Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia terus melakukan kegiatan yang menginspirasi. Memberdayakan masyarakat mengolah sumber daya di sekitarnya.

Seperti dilakukan apt. St. Maryam, S.Si., M.Sc dan anggota apt. Rahmawati, S.Si., M.Sc., dan apt. Zainal Abidin, S.Farm., M.Farm, baru-baru ini.

Mereka melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema, "Pembuatan Minuman Herbal Antioksidan sebagai Peningkat Sistem Imun untuk Mencegah Infeksi Covid-19."

Baca Juga : Farmasi UMI Manfaatkan Buah dan Bunga Jadi Sabun Mandi Herbal

Kegiatan berlangsung di Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, pada Minggu (10/10/2021).

Adapun masyarakat sasarnya adalah ibu-ibu Majelis Taklim Babussalam.

 

Menghadapi kekhawatiran masyarakat akibat adanya pandemi Covid-19, maka saat ini masyarakat sangat memerlukan pengetahuan tentang pencegahan penyakit tersebut.

Baca Juga : Dosen Farmasi UMI Ajak Kelompok Tani Maros Manfaatkan Batang Jagung Jadi Produk Jamu Instan

Sponsored by MGID

Pada pengabdian masyarakat kali ini diberikan pelatihan cara pembuatan minuman herbal antioksidan yang dapat berfungsi sebagai peningkat imun tubuh.

Harapannya, minuman yang bahannya 100 persen alami itu dapat mencegah penyakit virus corona. Peserta diharapkan dapat membuat sendiri minuman tersebut untuk dikonsumsi di rumah bersama keluarga.

Baca Juga : LPkM UMI Ajak Anggota Majelis Taklim Manfaatkan Tanaman Berkhasiat Obat untuk Cegah Covid-19

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah menggunakan tanaman tradisional berkhasiat obat yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Tanaman tersebut banyak ditemukan hampir di seluruh pelosok desa. Termasuk Desa Borisallo. Di antara tanaman tersebut adalah kunyit, temulawak, jahe, dan lain-lain.

Lokasi pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu desa binaan Universitas Muslim Indonesia.

Baca Juga : Dosen Farmasi UMI Latih Anggota Majelis Taklim Olah Rimpang dan Herba untuk Imunitas

 

#Fakultas Farmasi UMI