Jumat, 22 Oktober 2021 20:57

Adnan: APKASI Otonomi Expo 2021 Wadah Promosikan Potensi Daerah

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan: APKASI Otonomi Expo 2021 Wadah Promosikan Potensi Daerah

Penutupan APKASI Otonomi Expo 2021 yang berlangsung di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta yang ditutup secara resmi oleh Menteri BUMN, Erick Tohir.

GOWA -- Bupati Gowa sekaligus Sekretaris Jenderal APKASI, Adnan Purichta Ichsan mengaku, pelaksanaan APKASI Otonomi Expo 2021 menjadi momentum dalam mempromosikan seluruh potensi-potensi yang ada di daerah. Khususnya dalam meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

"Inilah fungsinya APKASI Otonomi Expo, dimana semua kabupaten seluruh Indonesia bisa menampilkan potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing sehingga mampu mengangkat kembali perekonomian kita yang anjlok karena pandemi Covid-19," katanya, Jumat (22/10).

Pada penutupan APKASI Otonomi Expo 2021 yang berlangsung di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta yang ditutup secara resmi oleh Menteri BUMN, Erick Tohir.

Baca Juga : Kompleks Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Direvitalisasi, Bupati Gowa Apresiasi Polda Sulsel

Adnan pun berharap, pelaksanaan APKASI Otonomi Expo ini akan membangkitkan kembali perekonomian Indonesia. Salah satunya di wilayah Kabupaten Gowa dengan memamerkan potensi daerah baik wisata maupun potensi lainnya yang mampu  membuat ekonomi kembali meningkat.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Tohir dalam sambutannya mengatakan dampak pandemi ini menghantam seluruh sendi-sendi kehidupan dimana tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi juga ekonomi, sehingga meminta pemerintah daerah turut membantu membangkitkan ekonomi rakyat, termasuk UMKM.

"Kita harus mengintervensi keadaan kita sebagai pemerintah pusat, pemerintah daerah atau siapa pun yang memangku kebijakan, karena suka tidak suka, UMKM, ekonomi rakyat ini yang harus dibangkitkan. Kita sebagai pimpinan tidak boleh terbelenggu tetapi kita harus memastikan dan mendorong itu," katanya.

Baca Juga : Hadiri Sertijab Pangdivif 3 Kostrad, Bupati Gowa Harap Kerja Sama Terus Terjalin

Ia meminta salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan transformasi karena akibat pandemi ini ada yang hilang dan tumbuh dikarenakan terjadi disrupsi.

"Begitu juga di BUMN 90 persen terdampak tapi yang kita lakukan adalah transformasi, efesiensi, karena ini terjadi disrupsi yang mengakibatkan pekerjaan hari ini banyak yang hilang tapi juga banyak yang tumbuh," jelasnya.

Pada penutupan yang turut dihadiri Ketua Umum APKASI yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama jajaran Dewan Pengurus APKASI ini juga diumumkan dilakukan penyerahan penghargaan Anugerah Jurnalistik APKASI 2021 dan Putri Otonomi Daerah 2021.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggung Jawab ASN

Kegiatan yang juga dilaksanakan secara virtual dan live streaming ini diharapkan menjadi wadah agar potensi perdagangan yang ditawarkan daerah. Ini menjadi peluang yang sangat baik bagi kami terkhusus UMKM daerah harus dibantu perusahaan besar yang beroperasi.

#Pemkab Gowa