Jumat, 22 Oktober 2021 18:50

Yuk Kenalan dengan Sistem Akuntansi! Pengertian, Unsur, Manfaat, Karakteristik, dan Fitur

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yuk Kenalan dengan Sistem Akuntansi! Pengertian, Unsur, Manfaat, Karakteristik, dan Fitur

Sistem akuntansi adalah sebuah media yang membantu bisnis untuk melacak dan mengelola transaksi keuangan mereka dan membuat pekerjaan akuntan menjadi lebih mudah.

KEUANGAN merupakan salah satu hal yang paling penting untuk untuk perusahaan dalam mengelola  bisnis agar dapat selalu berjalan lancar. Perusahaan umumnya menggunakan sistem akuntansi untuk mengatur informasi keuangan. Dalam berbisnis dengan cara yang terorganisir, organisasi memerlukan sistem untuk melacak semua transaksi yang terjadi.

Sistem akuntansi adalah?

Dilansir dari situs Jurnal.id pada halaman situsnya mengenai sistem akuntansi di https://www.jurnal.id/id/, sistem akuntansi adalah sebuah media yang membantu bisnis untuk melacak dan mengelola transaksi keuangan mereka dan membuat pekerjaan akuntan menjadi lebih mudah. Proses dan transaksi bisnis seperti penjualan, pembelian, aset dan buku besar yang biasanya berjalan secara manual dapat menjadi lebih sederhana dengan solusi otomatis tersebut.

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Aplikasi accounting sangat membantu dalam pembuatan laporan keuangan, sebuah elemen penting dalam menjalankan operasional bisnis. Terutama ketika ingin mengambil suatu keputusan. Sebelumnya, setiap tugas keuangan dan entri jurnal harus karyawan lakukan sendiri mengakibatkan pembuatan laporan keuangan menjadi tidak praktis. Sekarang Anda dapat memasukkan, mengubah, dan menafsirkan data hanya melalui solusi otomatis ini yang bisa Anda akses dari mana saja.

Apakah sistem akuntansi penting?

Alasan utama mengapa perusahaan harus menggunakan software akuntansi adalah untuk melacak pengeluaran, pendapatan, dan aktivitas lainnya. Pada dasarnya mengawasi semua data yang berpengaruh pada keuangan organisasi bisnis. Semakin besar ukuran suatu bisnis, maka arus kasnya juga menjadi lebih cepat dan melibatkan banyak uang.

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Melakukan perhitungan secara manual akan membuatnya rentan terhadap kesalahan yang merugikan perusahaan. Sebab itu, sistem ini akan membantu meminimalisir bahkan memperbaiki human-error dan meningkatkan akurasi pengelolaan keuangan perusahaan.

Perusahaan mana yang dapat menggunakan software akuntansi?

Bisnis dengan berbagai skala bisa melakukan implementasi terhadap sistem ini.  memilih software yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi perusahaan. Apabila terlalu rumit atau dikemas dengan fitur yang mungkin tidak dibutuhkan, maka akan terjadi pemborosan.

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Perangkat lunak akuntansi yang bisa dikustomisasi adalah pilihan terbaik. Sehingga kedepannya software dapat mengantisipasi tantangan terkait keuangan dan berpotensi muncul kedepannya.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari aplikasi akuntansi yang baik:

  • User-friendly

Jika karyawan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan sistem akuntansi, maka semakin rentan perusahaan melakukan kesalahan. Software yang ramah pengguna dan mudah dipahami akan memungkinkan Anda untuk mengelola karyawan dan bisnis secara efisien.

  • Mudah diakses

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Saat menjalankan bisnis, Anda harus dapat mengakses data dengan cepat dan efisien ketika ingin membuat keputusan penting. Sistem yang praktis memungkinkan Anda untuk mengakses informasi keuangan utama Anda kapan saja, dari mana saja. Karena seluruh data dan informasi terenkripsi dan tersimpan dengan aman pada server.

  • Akurat

Tingkat akurasi merupakan elemen terpenting dari perangkat lunak yang baik. Agar sepadan dengan waktu dan investasi yang telah keluar, sistem akuntansi harus menjaga saldo akurat dan mutakhir di rekening individu dan buku besar. Perbedaan mungkin terjadi karena kerusakan basis data atau masalah server, tetapi sistem yang baik harus dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan yang dapat menyebabkan ketidakakuratan data.

  • Efisiensi bisnis

Dalam sistem akuntansi konvensional, karyawan harus melakukan proses manual seperti memindahkan data dari satu spreadsheet ke spreadsheet lainnya. Menggunakan software akuntansi dapat menghemat waktu perusahaan Anda dan mencegah kesalahan, perusahaan juga memiliki seluruh informasi transaksi dalam satu platform terpusat. Anda dapat dengan mudah melihat apa yang telah habis atau apa yang masuk ke bisnis, dan Anda selalu tahu di mana menemukan informasi ini.

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Menggunakan perangkat lunak akuntansi membantu untuk menggunakan sumber daya di departemen akuntansi mereka secara efisien, dan dapat mengurangi kesalahan pembukuan. Dengan adanya fitur Business Intelligence (BI), perusahaan juga bisa memperoleh wawasan menyeluruh seputar operasional bisnis sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensinya.

  • Mempermudah pengurusan pajak

Mengurus pajak bisnis bisa menjadi proses yang kompleks, karena mengharuskan Anda untuk terus memantau semua transaksi bisnis. Manfaat perangkat lunak akuntansi termasuk membuat proses ini lebih mudah dengan memastikan bahwa semua detail keuangan bisnis Anda ada di satu tempat. Ini memungkinkan Anda menghitung pendapatan perusahaan secara semi-otomatis, daripada menghabiskan waktu dan tenaga mengerjakan detail yang diperlukan secara manual.

Software juga menawarkan solusi spesifik untuk industri dan bahkan negara demi mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku. Misalnya, aplikasi akuntansi bisnis untuk perusahaan yang berbasis di Indonesia tentunya wajib memenuhi peraturan pajak yang ada di Indonesia.

  • Estimasi yang akurat

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Itu salah satu keunggulan utama software akuntansi. Memahami secara rinci pola dan tren kinerja keuangan Anda adalah sesuatu yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya tanpa sistem yang solid.

Software akuntansi membantu Anda memahami dimana harus memotong pengeluaran atau di mana harus berinvestasi lebih banyak. Dengan gambaran yang jelas tentang status keuangan Anda saat ini, Anda akan merasa lebih mudah untuk mengembangkan strategi cerdas dan mengalokasikan sumber daya dengan cara yang benar.

  • Menghemat biaya

Software akuntansi dan keuangan mengotomatiskan penghitungan inti dan prosedur administratif serta mengendalikan kerangka kerja pendapatan Anda sehingga Anda tidak perlu mengalihkan pengelolaan keuangan kepada pakar eksternal. Secara paralel, mereka juga mengurangi biaya terkait pencetakan dan pendistribusian dokumentasi dan menyimpan data sensitif di lokasi yang aman dan terpantau.

  • Transparansi keuangan penuh

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Dari sudut pandang akuntan atau auditor, sorotan utama dari sistem akuntansi adalah mencegah kesalahan manusia yang fatal dan berulang. Menghitung jumlah yang tidak akurat atau gagal melaporkan data tepat waktu dapat dengan mudah menyebabkan krisis bisnis, dan disinilah solusi otomatis paling berguna.

Fitur-fitur pada sistem akuntansi di antaranya adalah

  • Dasbor interaktif

Visibilitas ke metrik dan data akuntansi utama Anda sangat penting untuk menjalankan bisnis. Kelola dan akses prosedur akuntansi, sederhanakan proses serta meningkatkan akurasi data melalui dasbor interaktif. Monitor keuangan bisnis Anda seperti pendapatan, saldo kas, hingga utang dan piutang usaha. Lakukan dengan menyeluruh dan gabungkan semua metrik akuntansi serta keuangan Anda pada satu platform secara real-time.

  • Monitor arus kas

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Pantau kondisi arus kas secara akurat dan real time untuk menghindari kerugian bisnis. Sehingga mempercepat proses pengambilan keputusan kapanpun dan dimanapun Anda berada dengan mudah. Sajikan laporan mengenai kas yang masuk dan arus kas yang keluar pada perusahaan dalam suatu periode tertentu.

  • Rekonsiliasi bank

Rekonsiliasi merupakan langkah yang penting untuk memastikan keakuratan data keuangan. Bukan lagi jamannya melakukan rekonsiliasi bank secara manual karena membutuhkan waktu yang lama dan rentan akan human-error. Ubah rekonsiliasi bank menjadi lebih sederhana. Aplikasi secara otomatis dan aman mengimpor semua transaksi bank Anda. Hemat waktu dan dapatkan pembaruan harian tentang kondisi finansial bisnis Anda.

  • Laporan keuangan lengkap

Buat laporan laba rugi, arus kas, neraca keuangan, perubahan modal, dan lainnya dalam hitungan detik. Sistem ini juga memungkinkan pembuatan laporan dalam berbagai jenis format seperti tabel, diagram grafik, garis, dan lingkaran. Informasi keuangan yang relevan disajikan secara terstruktur dan dalam bentuk yang mudah dipahami. Fitur tersebut membantu akuntan mengatur pengeluaran, anggaran, dan sumber daya lalu membuat laporan untuk analisis lebih lanjut.

  • Manajemen anggaran

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Penganggaran dilakukan untuk melacak pendapatan dan pengeluaran bisnis. Berfungsi sebagai metode pemantauan dan melakukan kontrol dalam mengelola keuangan. Software akuntansi dapat terintegrasi dengan Purchasing Management untuk menyederhanakan pengelolaan anggaran pembelian dan pengaturan approval matrix. sebuah proses dimana pendapatan dan pengeluaran di masa depan diputuskan untuk merampingkan proses pengeluaran

  • Follow-up otomatis

Apakah pelanggan Anda tidak melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo? Proses follow-up faktur adalah cukup memakan waktu. Mengirimkan pemberitahuan otomatis ke klien untuk menyelesaikan pembayaran sesuai dengan batas waktu yang telah ada.

  • E-faktur

Membuat faktur elektronik dan kirimkan ke klien secara otomatis sebagai bukti pembayaran. Faktur dapat dipersonalisasi dari berbagai komponen sesuai dengan preferensi pemilik bisnis dan dapat dibuat dalam waktu singkat. Anda juga dapat menjadwalkan faktur sebelumnya untuk dikirim secara otomatis nanti.

  • Analisis multilevel

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Beberapa laporan keuangan secara otomatis dibuat dan diperbarui dalam waktu nyata. Berguna untuk memantau laba rugi bisnis per divisi untuk mengetahui divisi mana yang memiliki performa baik dan yang perlu ditingkatkan.

Bagaimana keamanan sistem akuntansi?

Data keuangan adalah informasi perusahaan yang paling berharga dan harus dicegah agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Itulah yang sistem akuntansi dan keuangan lakukan untuk penggunanya, mencegah akuntansi dari resiko kecurangan atau kesalahan. Perusahaan dapat memberikan akses kepada orang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola keuangan.

Baca Juga : Mencari Program Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Software akuntansi adalah sebuah alat yang memudahkan pelaku bisnis untuk mengelola sejumlah proses keuangan bisnis dan mengotomatiskan berbagai tugas finansial dengan tepat. Memilih software yang tepat bisa memudahkan pekerjaan manajer keuangan, sehingga mereka bisa lebih produktif saat bekerja.

Salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda melakukan pengelolaan keuangan adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Proses akuntansi juga dapat Anda lakukan dengan aman, cepat dan mudah.

Dengan aplikasi komputer akuntansi Jurnal, Anda bisa mendapatkan sebagian keuntungan-keuntungan yang tertulis di atas. Daftar sekarang untuk mendapatkan promo menarik dan free trial selama 14 hari!

#Akuntansi