Jumat, 22 Oktober 2021 17:02

Dukung Jokowi Jadikan Indonesia Kiblat Industri Halal Dunia, Taufan Pawe: Tidak Ada Transaksi Miras di Kota Ini

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dukung Jokowi Jadikan Indonesia Kiblat Industri Halal Dunia, Taufan Pawe: Tidak Ada Transaksi Miras di Kota Ini

Taufan Pawe menegaskan, tidak boleh ada transaksi minuman keras di Parepare.

RAKYATKU.COM,PAREPARE- Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menyatakan sikap dukungan atas kebijakan Presiden RI, Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai kiblat industri halal dunia.

"Saya atas nama wali kota Parepare mendukung penuh kebijakan yang digagas Bapak Presiden Jokowi yang menargetkan RI sebagai kiblat industri halal dunia di 2024," ujar Taufan Pawe, Jumat (22/10/2021).

Bukan tanpa alasan, pernyataan Jokowi, kata Taufan, sejalan dengan gagasan yang ia sampaikan 2018 lalu melalui sejumlah awak media. Wali kota yang lahir dan besar di Parepare ini telah menggagas kota cinta BJ Habibie ini sebagai daerah kunjungan wisata halal.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Menurut Taufan, sebagai tujuan wisata halal, bukan hanya dari aspek makanan atau kuliner semata, tetapi juga berkaitan dengan aspek lain, seperti pakaian pelayan restoran atau kafe yang harus sopan atau tertutup.

Di berbagai kesempatan, Taufan Pawe juga menekankan agar instansi terkait, seperti Satpol PP untuk berkerja sama lurah dan camat melakukan pemantauan. Hal itu sebagai upaya meminimalisir transaksi peredaran minuman keras di kota santri dan ulama itu.

"Satpol kita dan lurah, serta camat saya warning. Tidak boleh ada transaksi miras di kota kita. Kalau ada, saya evaluasi lurahnya," tegas Taufan Pawe beberapa waktu lalu yang diikuti kegiatan pemantauan rutin oleh instansi terkait, lurah, dan camat hingga saat ini.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Taufan Pawe berharap, sebagai tujuan wisata halal menjadi peluang besar dalam mendongkrak ekonomi rakyat, mengingat jumlah muslim di Sulsel, atau Indonesia lebih dominan.

Selain gagasan yang senada, sejumlah infrastruktur berkonsep Islami gencar dilakukan Taufan Pawe, seperti pembangunan Taman Syariah, renovasi Masjid Agung, penyediaan fasilitas Wi-Fi di masjid-masjid, dan terbaru saat ini dibangunnya masjid terapung BJ Habibie yang diproyeksi sebagai masjid termegah di Sulawesi Selatan.

"Ini adalah wujud komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam mewujudkan kota industri tanpa cerobong asap, dengan
memanfaatkan sektor industri pariwisata dalam meningkatkan PAD dan kesejahteraan masyarakat. Sektor pariwisata yang dimaksud, salah satunya adalah menghadirkan destinasi wisata religi yang menopang konsep daerah tujuan wisata halal yang telah saya gagas tiga tahun lalu dan saat ini menjadi kebijakan Bapak Presiden RI," pungkas Taufan Pawe.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare