Kamis, 14 Oktober 2021 09:31

Enrekang Terima Penghargan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Enrekang Terima Penghargan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama

Bupati Enrekang Muslimin Bando menyampaikan perlunya kolaborasi antara pemerintah dan DPRD hingga antar OPD untuk menciptakan keadilan gender.

RAKYATKU.COM,ENREKANG -- Kabupaten Enrekang meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut diumumkan secara daring yang diikuti langsung Bupati Enrekang Muslimin Bando didampingi ketua DPRD Enrekang, kepala Dinas PPPA dan ketua Tim Penggerak PKK di pendopo rumah jabatan bupati, Rabu (13/10/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Enrekang, Burhanuddin menyampaikan, Enrekang berhasil mendapatkan penghargaan pertamanya setelah dilakukan evaluasi pengarustamaan gender dengan tujuh komponen yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Wakil Bupati dan Ketua PKK Enrekang Terima 3 Penghargaan dari Pemprov Sulsel

"Alhamdulilah ini merupakan penghargaan APE pertama kita, melalui dukungan bupati hingga ketua PKK yang mengarahkan sehingga penghargaan kategori pratama ini didapatkan," ucapnya.

Selain itu, upaya yang akan dilakukan ke depannya akan dibentuknya perda hingga pelatihan bagaimana perencanaan dan penganggaran bernuansa gender sebagai bentuk komitmen bersama dalam pengarustamaan gender.

 

Bupati Enrekang Muslimin Bando dalam sambutannya menyampaikan perlunya kolaborasi antara pemerintah dan DPRD hingga antar OPD untuk menciptakan keadilan gender.

Baca Juga : Kerja Sama Pemkab dan Unimen, Belanda Kembangkan Sekolah Lapang Digital di Enrekang

"Ini merupakan langkah awal. Ke depannya bersama DPRD menjawab keberpihakan kesetaraan gender melalui perda hingga kebijakan nantinya," ucapnya.

Sponsored by MGID

Penerima penghargaan APE ini terdapat empat kategori yakni tingkat pratama (pemula), madya (pengembangan), utama (peletakan dasar dan keberlanjutan), dan mentor.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang