Rabu, 13 Oktober 2021 23:59

Pemkot Parepare Diganjar APE Kategori Utama

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Parepare Diganjar APE Kategori Utama

Pengumuman penerimaan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare berhasil meraih penghargaan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama.

Pengumuman penerimaan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia digelar secara virtual dan disaksikan Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim.

Wawali didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Hj Andi Rusia dan Asisten III Eko W Ariyadi, bersama beberapa pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare, menyaksikan pengumuman tersebut di ruang pola kantor wali kota Parepare, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga : Halal Bihalal, Managemen RSUD Andi Makkasau Saling Support Berikan Layanan Berkualitas

Penghargaan kategori tertinggi kedua ini, sebelumnya diserahkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kepada Bappeda sebagai Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Hj Andi Rusia, Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Sriyanti Ambar, sebagai sekretaris Pokja PUG, juga selaku leading sektor PUG, serta Focal Point kecamatan, di kantor Kementerian PPPA, September lalu.

Kepala Dinas P3A Kota Parepare Hj Andi Rusia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan APE kategori utama yang diberikan Kementerian PPPA. Penghargaan ini menandakan komitmen Pemkot di bawah kepemimpinan Wali Kota, Taufan Pawe dalam kebijakan pengarustamaan gender (PUG). Dua tahun sebelumnya lanjut dia, Parepare meraih kategori madya, kali ini naik kelas ke kategori utama.

"Untuk mendapatkan kategori ini tentu ada kerja sama dari semua SKPD yang terlibat dalam pokja tersebut serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan di bawah bimbingan Bapak Wali Kota. Untuk naik kelas menjadi kategori mentor, tentu kita harus bekerja keras lagi, yang terpenting bagaimana kita dapat mempertahankan kategori utama ini," ujar Andi Rusia.

Baca Juga : Pemkot Parepare Dukung Percepatan Pemberian Jamsostek bagi Pekerja Rentan dan Miskin

Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Dinas P3A Kota Parepare, Sri Yanti Ambar, mengaku untuk mendapatkan anugerah APE kategori utama ini semua pihak bekerja keras dan bekerja sama sehingga dapat memenuhi indikator penilaian dalam penganugerahan APE tahun ini.

"Untuk tahun depan, kita harus banyak menjalankan program pengarusutamaan gender, seperti Puspaga dan Puspa yang tidak ada sebelumnya. Kita optimis Kota Parepare dalam dua tahun ke depan bisa naik kelas menjadi kategori mentor. Kenapa kami optimis karena kita punya wali kota, pemimpin yang memiliki komitmen kuat dalam kebijakan pengarustamaan gender," tegas Sri Yanti Ambar.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare