Selasa, 12 Oktober 2021 17:32

BAF ECO Move, Gerakan Penghijauan Tingkatkan Kualitas Udara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
BAF ECO Move, Gerakan Penghijauan Tingkatkan Kualitas Udara

Ini sebagai wujud kepedulian PT Bussan Auto Finance (BAF) terhadap isu lingkungan hidup yang kian menjadi perhatian berbagai kalangan, terutama pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Sukses penyelenggaraannya pada periode pertama Juli 2021 lalu, gerakan penghijauan BAF ECO Move 2021 kembali diselenggarakan.

Sebagai wujud kepedulian PT Bussan Auto Finance (BAF) terhadap isu lingkungan hidup yang kian menjadi perhatian berbagai kalangan, terutama pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Upaya perbaikan lingkungan ini terus dilakukan BAF sebagai bentuk komitmen dan konsistensi perusahaan pembiayaan yang memberikan pembiayaan kendaraan bermotor sehingga BAF mengambil langkah untuk berperan dalam mengurangi gas buang kendaraan bermotor.

Baca Juga : Jelang HUT Ke-24, BAF Gelar Rangkaian Program Tanggung Jawab Sosial Bertajuk Caring for Children

Oleh karena itu, melalui gerakan penghijauan dalam payung campaign BAF ECO Move, BAF berkomitmen untuk melakukan penanaman minimal 55.000 bibit pohon di tahun 2021 di antaranya adalah bibit pohon produksi, bibit pohon konservasi, bibit pohon pelindung, dan bibit tanaman hias yang memiliki manfaat karbon dioksida (CO2) di udara dan dapat menyerap banyak udara.

Penanaman bibit pohon ini terbagi menjadi tiga tahap selama 2021. Pada periode pertama Juli lalu, telah dilakukan penanaman 17.000 bibit pohon di kota Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup/Dinas Kebersihan & Pertamanan/Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota/Dinas Pertamanan & Hutan Kota/Dinas Kebersihan & Ruang Terbuka Hijau di masing-masing kota.

Baca Juga : BAF ECO Move, Wujud Kepedulian Tingkatkan Kualitas Udara yang Lebih Baik

Pada periode kedua (Oktober 2021), 22.200 bibit pohon akan didonasikan untuk kemudian ditanamkan di 6 kota yang sama seperti periode pertama, di mana bibit pohon/tanaman tersebut merupakan sumbangsih dari BAFers (karyawan BAF) yang telah memberikan donasi berupa bibit pohon secara langsung serta dukungan BAF Friends (konsumen BAF) yang mendapatkan fasilitas pembiayaan selama bulan September 2021 baik melalui aplikasi BAF Mobile, website BAF, maupun kantor jaringan BAF yang tersebar di seluruh Indonesia.

Proses penyerahan donasi bibit dan penanaman bibit pohon tersebut akan dilakukan mulai pada hari ini, Selasa, 12 Oktober 2021 dan masih bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Dengan #CicilAjadiBAF, BAF Friends yang mengajukan pembiayaan motor baru Yamaha, motor bekas berkualitas, mobil baru, elektronik & perlengkapan rumah tangga, mesin pertanian, dan BAF Dana Syariah melalui BAF selama bulan September 2021 secara otomatis telah berkontribusi dalam mendukung upaya BAF untuk pelestarian lingkungan.
E- Green Certificate BAF ECO Move juga diberikan sebagai apresiasi terhadap dukungan BAFers maupun BAF Friends dalam program ini secara paperless sebagai upaya BAF untuk mengurangi penggunaan kertas.

Baca Juga : BAF ECO Move, Wujud Kepedulian Tingkatkan Kualitas Udara yang Lebih Baik

Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF, mengatakan gerakan penghijauan BAF ECO Move ini akan terus dilakukan sepanjang tahun 2021 sebagai komitmen dan bentuk nyata kepedulian BAF terhadap lingkungan.

“Kami antusias menggelar gerakan penghijauan BAF ECO Move. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari BAFers dan BAF Friends yang telah bergabung pada BAF ECO Move. Semoga upaya yang kita lakukan dapat membawa dampak besar bagi lingkungan melalui penanaman 22.200 bibit pohon di 6 kota besar Indonesia,” tutur Lynn dalam siaran persnya, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut, Lynn menyampaikan gerakan penghijauan BAF ECO Move merupakan salah satu langkah BAF dalam penerapan keuangan berkelanjutan.

Baca Juga : BAF ECO Move, Wujud Kepedulian Tingkatkan Kualitas Udara yang Lebih Baik

“Tentunya selain perwujudan komitmen BAF untuk melestarikan lingkungan, BAF sebagai pelaku bisnis, melalui program BAF ECO Move ini kami berharap dapat turut berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs),” ungkap Lynn.

Penyelenggaraan BAF ECO Move periode kedua ini juga merupakan salah satu bagian dari rangkaian program tanggung jawab sosial BAF dalam rangkaian SEMARAK BAF 24 Tahun yang jatuh pada 24 September 2021 lalu.

"Mari kita ciptakan kualitas udara yang lebih baik melalui satu dampak besar terhadap lingkungan sekitar," katanya.

#BAF #BAF Eco Move