Jumat, 08 Oktober 2021 08:53

Desa Batupute Barru Diproyeksi Jadi Sentra Jagung Nasa 29

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Panen jagung varietas Nasa 29 di lokasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sipakainge, Desa Batupute, Kecamatan Soppeng Riaja, Kamis (7/10/2021).
Panen jagung varietas Nasa 29 di lokasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sipakainge, Desa Batupute, Kecamatan Soppeng Riaja, Kamis (7/10/2021).

Tahun-tahun sebelumnya hanya 5 hektare luas tanam jagung dan tahun ini sudah mencapai 80 hektare.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, ikut panen jagung varietas Nasa 29 di lokasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sipakainge, Desa Batupute, Kecamatan Soppeng Riaja, Kamis (7/10/2021).

Bupati bersyukur dan bahagia karena panen jagung ini ketiga kalinya dilakukan oleh Gapoktan Sipakainge sejak jagung ini mulai dibudidayakan. “Kita apresiasi warga Desa Batupute khususnya Gapoktan Sipakainge yang menggelar panen jagung jenis varietas Nasa 29," kata Suardi Saleh.

Ia menjelaskan, tahun-tahun kemarin hanya 5 hektare luas tanam jagung dan tahun ini sudah mencapai 80 hektare. “Artinya Desa Batupute ini sudah bisa menjadi sentra jagung selain yang ada Desa Harapan dan Desa Lalabata,” kata mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Pinrang ini.

Baca Juga : Maksimalkan Zakat, Penyuluh Agama di Barru Dibentuk Jadi Satgas Zakat

Ia juga mengajak masyarakat Barru untuk menanam jagung. Itu karena, kata dia, jagung pun bernilai ekonomis selain padi.

“Yang terpenting teruslah berbuat kalau perlu pemerintah terus mendorong langkah petani. Terbukti perhatian pemerintah dalam peningkatan produktivitas sudah banyak menyalurkan bantuan,” ungkapnya.

 

Suardi Saleh dalam kesempatan itu juga meminta kepada Kepala Dinas Pertanian memperhatikan kebutuhan petani.

Baca Juga : Maulid di Takkalasi, Bupati Ingatkan Barru PPKM Level 3

Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad, mengaku bersyukur dengan panen jagung Nasa 29. “Ini bukti perhatian pemerintah terhadap petani. Jagung varietas Nasa 29 sangat cocok di Desa Batupute karena berada di suhu tropis,” ucap mantan Sekretaris BKPSDM Barru ini.

Sponsored by MGID

Sementara, Ketua Gapoktan Sipakainge, Ibrahim, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Barru dan Dinas Pertanian yang telah mendukung jagung varietas Nasa 29.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Barru, Lukman T, Anggota DPRD Fraksi Nasdem, Syahrul Ramdhani, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan, Andi Takdir, Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Ushuluddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ma’ruf, Camat Soppeng Riaja, Charly Fisher, Kepala Desa Batupute, Sudarmin, Kapolsek Soppeng Riaja, Iptu Mirwanto, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tokoh tani se-Desa Batu Pute.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Jagung