Kamis, 30 September 2021 12:01

Paris Yasir Hadiri Rapat Paripurna Penyerahan Ranperda Perubahan APBD di DPRD Jeneponto

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Paris Yasir Hadiri Rapat Paripurna Penyerahan Ranperda Perubahan APBD di DPRD Jeneponto

Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2021 harus ditetapkan paling lambat akhir September 2021.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO -- Wakil Bupati Jeneponto H Paris Yasir hadir dalam rapat paripurna tingkat I penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD Kabupaten Jeneponto tahun anggaran 2021, Rabu (29/9/2021).

Rapat paripurna tingkat I tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti kesepakatan perubahan KUA/PPS tahun anggaran 2021 pada Senin (27/9/2021) lalu.

Pemerintah daerah melalui tim anggaran dan tim review Inspektorat Daerah Kabupaten Jeneponto telah melaksanakan tahapan verifikasi dan review perubahan setelah itu dilakukan kompilasi RK menjadi ranperda perubahan APBD tahun anggaran 2021.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

"Perubahan APBD ini disusun dalam rangka penyempurnaan dan penyesuaian terhadap beberapa asumsi target pendapatan alokasi belanja serta alokasi pembiayaan daerah yang didasarkan pada kebijakan nasional regional dan kebijakan daerah yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi perkembangan daerah saat ini," ujar Paris Yasir

Dia menyebut, bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 menegaskan bahwa persetujuan kepala daerah bersama DPRD terhadap Rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021 ditetapkan paling lambat akhir bulan September 2021.

"Mengingat waktu yang singkat ini pada hari Kamis tanggal 30 September 2021 merupakan batas waktu terakhir dalam pengambilan persetujuan bersama terhadap ranperda ini olehnya itu saya berharap Perda Perubahan APBD ini bisa segera dibahas dan disetujui bersama dengan tetap memperhatikan kualitas baik secara sistematika maupun secara substansi," harapnya.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Adapun struktur perubahan APBD yang termuat pada ranperda yang diserahkan hari ini yakni target pendapatan daerah yang direncanakan bertambah dan alokasi belanja daerah direncanakan juga mengalami penambahan.

Di akhir sambutannya, Paris Yasir menyampaikan apresiasi atas terlaksananya rangkaian proses tahapan perubahan APBD yang diawali dengan pembahasan perubahan KUA-PPAS sampai pada kesepakatan bersama yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu meskipun dalam keadaan batasan waktu yang sangat terbatas.

Wabup Jeneponto Paris Yasir tampak menyerahkan sebuah dokumen yang dibungkus dengan kertas bermotif warna, diikat dengan pitah merah, lalu diterima Wakil Ketua I DPRD Jeneponto, Irmawati Zainuddin.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Hadir menyaksikan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jeneponto dalam rapat paripurna tersebut dan para pimpinan OPD Pemkab Jeneponto serta unsur forkopimda.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #DPRD Jeneponto