Rabu, 22 September 2021 23:01

Dipuji Jokowi, Nakes di Wajo Terobos Banjir Lanjutkan Vaksinasi Secara Door to Door

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dipuji Jokowi, Nakes di Wajo Terobos Banjir Lanjutkan Vaksinasi Secara Door to Door

Inovasi vaksinasi Massalipu di Kabupaten Wajo sempat dipuji Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke kabupaten penghasil sutera itu.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membuat berbagai terobosan dan inovasi demi mempercepat vaksinasi Covid-19. Program vaksinasi massal pun terus dimasifkan di berbagai wilayah.

Sejak vaksin Covid-19 tersedia, Pemkab Wajo langsung bergerak masif melakukan vaksinasi. Berbagai tempat menjadi sasaran, mulai dari kantor-kantor pemerintah, pasar, rumah sakit, puskesmas, pasar, hingga door to door atau mendatangi langsung ke rumah-rumah warga. Hal itu dilakukan agar kekebalan kelompok herd immunity dari Covid-19 dapat segera tercapai.

"Hingga saat ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Wajo baru mencapai 27 persen dari 300.814 sasaran, angka yang relatif kecil ini membuat kami harus terus berinovasi dalam mencapai target herd immunity," ucap Armin, kepala Dinas Kesehatan Wajo, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga : DPRD Wajo Konsultasi di SKK Migas Penyelenggaraan Participating Interest 10 Persen

Terbaru, lanjut Armin, melalui Massalipu (bahasa Bugis) yang secara harfiah berarti melindungi. Selain itu, Massalipu juga merupakan akronim dari massal, keliling, dan terpadu. Melalui inovasi ini, pihaknya memasifkan vaksinasi dengan sistem door to door.

"Vaksinasi tetap dilaksanakan oleh petugas dengan mengunjungi langsung rumah warga. Meskipun penuh tantangan, tetapi itu tidak menghilangkan semangat petugas vaksinator dari puskesmas di Wajo," jelasnya.

Mantan direktur RSUD Siwa ini menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan vaksinasi di Kampung Lautan, Kecamatan Belawa. Daerah ini masih terisolasi karena sedang terjadi bencana banjir, begitu pula di wilayah Puskesmas Sabbangparu dan Puskesmas Liu.

Baca Juga : Pj Bupati Wajo Minta Prioritaskan Program Unggulan di RKPD 2025

"Di wilayah Puskesmas Maniangpajo saat ini juga sedang dilakukan vaksinasi secara masif, tantangannya banyak wilayah yang susah dijangkau dengan kendaraan roda empat," jelasnya.

Masih menurut Armin, ketersediaan vaksin di Dinkes saat ini cukup banyak. Harapannya, dengan ketersediaan vaksin yang cukup banyak ini, kiranya seluruh masyarakat, remaja umur 12-18 tahun, hingga lansia, agar bisa datang ke tempat vaksinasi di wilayah masing-masing.

"Untuk mempercepat pencapaian herd immunity di Wajo, diharapkan kerja sama antara TNI-Polri, camat, kepala desa, PKK dan PMI untuk mendorong suksesnya vaksinasi massal, keliling, dan terpadu (Massalipu) ini," harapnya.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Lepas Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah

Diketahui, realisasi cakupan vaksinasi Wajo per 21 September 2021 sudah mencapai 81.162 atau 27,0 persen untuk dosis pertama dan 39.808 atau 13,01 persen untuk dosis kedua dari 300.814 target vaksinasi.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo memuji petugas vaksinasi yang melakukan door to door di beberapa wilayah banjir. Itu disampaikan saat melakukan dialog dengan kepala puskesmas di Wajo, belum lama ini.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#vaksinasi covid-19 #pemkab wajo