Senin, 20 September 2021 22:01

Minimalkan Penggunaan Plastik, RSUD Andi Makkasau Lahirkan Inovasi Goghos Ganti Plastik Jadi Reusable Bag

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Minimalkan Penggunaan Plastik, RSUD Andi Makkasau Lahirkan Inovasi Goghos Ganti Plastik Jadi Reusable Bag

Setiap keluarga pasien yang akan mengambil obat di apotek akan dibagikan reusable bag tersebut.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Dalam rangka meminimalkan penggunaan kemasan jenis plastik, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau Kota Parepare membuat inovasi Go Green Hospital (Goghos).

Goghos ini merupakan inovasi kesekian kalinya yang dilahirkan manajemen RSUD Andi Makkasau Parepare. Penggunaan kantong plastik sebagai tempat obat pasien kini diganti menjadi reusable bag.

"Selain terciptanya lingkungan RSUD yang hijau dan bebas polusi plastik, juga dengan inovasi Goghos ini dapat mengefisiensi penganggaran pengadaan plastik kemasan. Ini kan bisa dipakai berkali-kali sampai rusak. Sementara kita tahu plastik dipakai sekali buang dan plastik juga merupakan sampah yang sangat sulit diurai," jelas Mansur, penanggung jawab Mutu Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau (RSUD) Andi Makkasau, Mansur, Senin (20/9/2021).

Baca Juga : Direktur RSUD Andi Makkasau: Selamat HUT PPNI ke 50 Tahun

Reusable Bag ini, kata dia, juga menambah nilai estetika wadah untuk obat pasien.

Namun untuk saat ini, reusable bag ini masih dimanfaatkan oleh pasien rawat inap di setiap bangsal yang ada.

"Setiap keluarga pasien yang akan mengambil obat di apotek akan dibagikan reusable bag tersebut untuk tempat obat saat mereka mengambil di apotek, setelah itu bisa digunakan berkali-kali oleh pasien," sebutnya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeny Sari berharap, dengan adanya pelayanan kesehatan yang inovatif ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pengurangan pemakaian kantong plastik.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau Parepare