Kamis, 16 September 2021 13:43

Selamatkan Aset Daerah Senilai Rp 90 Miliar, Plt Gubernur Apresiasi Kinerja Wali Kota Palopo

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Judas Amir (kanan).
Judas Amir (kanan).

"90 M itu bukan anggaran sedikit. Ini harus menjadi contoh," kata Andi Sudirman Sulaiman.

MAKASSAR - Wali Kota Palopo M Judas Amir menghadiri acara Rapat Koordinaasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Phinisi Ballroom Claro Hotel, Makassar, Kamis (16/9/2021).

Rakorwasda tersebut dirangkaikan dengan Pengukuhan Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) periode 2021-2024.

Seluruh Wali Kota/Bupati se- Sulsel hadir dalam pertemuan ini. Masing-masing kepala daerah didampingi oleh Kepala Inspektorat Kabupaten/Kota.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Ketua Pelaksana, Plt Inspektorat Sulsel, Andi Darmawan Bintang menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan menyamakan persepsi, sinkronisasi dan sinergitas agar pengawasan diseluruh daerah berjalan efisien.

"Terutama untuk percepatan pemberantasan korupsi di Sulsel. Semua harus berkomitmen agar pembangunan di Sulsel berjalan maksimal," jelasnya.

Kegiatan tahunan ini dibuka langsung oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Dalam sambutannya, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan pesan Presiden Jokowi dalam penangangan Covid-19.

Khusus Sulawesi Sulawesi, target vaksin 25.000 per hari. Hal itu dilakukan agar Covid-19 segera berlalu sehingga semua kegiatan dapat berjalan seperti sebelumnya.

"Termasuk pembelajaran tatap muka, Presiden menganjurkan bisa dilakukan di daerah pada dilevel satu, dua dan tiga, tentu dengan pengontrolan yang baik," paparnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Terkait soal pengawasan daerah, Andi Sudirman Sulaiman menekankan setiap daerah memberlakukan sistem anggaran yang baik.

Mengingat APBD saat ini sndang susah, dia menganjurkan harus melakukan kerjasama yang baik dalam proses perencanaan keuangan.

"Harus melakukan perencanaan yang baik, lebih kepada sektor padat karya pemanfaatan masyarakat. Inspektur harus melakukan pengawalan yang kuat agar semua proyek berjalan dgn baik. Karena yang dikelola itu adalah uang rakyat," tegasnya.

Baca Juga : Penjabat Walikota Palopo Hadiri Pelantikan Pengurus Jatman

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Sulsel juga mengapresiasi kinerja Wali Kota Palopo M Judas Amir. Menurut dia, Pemerintah Kota Palopo telah berhasil menyelamatkan aset daerah senilai Rp 90 Miliar.

"90 M itu bukan anggaran sedikit. Ini harus menjadi contoh, aset daerah harus diselamatkan sebagai langkah konkret dari kegiatan pengawasan yang berjalan saat ini," jelas Andi Sudirman Sulaiman.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Palopo M Judas Amir menekankan, implementasi dari kegiatan pengawasan daerah adalah soal tindakan.

Baca Juga : Pj Walikota Palopo Bakal Kirim Pengusaha Belajar Pengembangan UMKM

Semua materi, teori harus dijalankan agar ada hasil yang terlihat dari setiap kegiatan yang dilaksanakan pemerintah.

"Saya kira ini harus diimplementasikan di setiap daerah. Tentu soal penyelamatan aset yang disebut Plt Gubernur Sulsel, memang telah dilakukan oleh pemerintah Palopo. Setiap aset harus didata, harus ditelisik asal usulnya sehingga menghasilkan pengawasan yang baik," jelasnya.

Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH hadir didampingi Kepala Inspektorat Kota Palopo, Asir Mangopo, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kota Palopo Wahyudin, S.AN.

#pemkot palopo