Minggu, 12 September 2021 13:01

Bupati Barru Intens Temui Petani demi Dongkrak Produksi Padi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru Intens Temui Petani demi Dongkrak Produksi Padi

Bupati Barru Suardi Saleh berharap kepada petani untuk terus berpacu dalam usaha pertaniannya.

RAKYATKU.COM,BARRU - Intesitas hujan cenderung tinggi sepanjang tahun membuat petani di Barru bisa menanam padi hingga tiga kali. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi petani.

Di sisi lain, pemerintah daerah juga turut terlibat mendukung peningkatan hasil produksi pertanian ini. Tidak hanya menyalurkan bantuan materi, akan tetapi kerap terjun memberikan motivasi dan menyerap aspirasi para petani.

Seperti yang dilakukan Bupati Barru, Suardi Saleh pada Sabtu (11/9/2021) kemarin. Ia melihat langsung progres masa tanam padi Kelompok Tani Pattembang, di Desa Tompo, Kecamatan Barru.

Baca Juga : Suardi Saleh Jabarkan Empat Instruksi Pj Gubernur Sulsel di Apel Perdana Pascalebaran

Suardi Saleh juga turun ke sawah membangkitkan semangat jiwa para petani. Bersama-sama melaksanakan program pencanangan tanam perdana IP-300 pada varietas M700. Disamping itu, bupati Barru turut memberikan bantuan traktor tangan ke kelompok tani.

"Program pencanangan ini merupakan inovasi yang baik, karena petani kita dapat menanam dan memanen padi tiga kali dalam setahun pada hamparan lahan sawah yang sama," jelasnya.

Pemerintah daerah berjanji akan selalu hadir dalam melakukan pembinaan, pendampingan serta membantu kelompok tani. Termasuk pada pengadaan benih padi yang berkualitas. Pengadaan sarana dan prasarana pertanian menjadi hal penting, agar dapat meningkatkan usaha taninya terutama dalam meningkatkan kualitas produksi.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Halalbihalal KKAR, Tekankan Pentingnya Tradisi Silaturahmi

Bupati berharap kepada petani untuk terus berpacu dalam usaha pertaniannya. Ikuti petunjuk Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan jalin hubungan komunikasi yang baik serta segera laporkan kepada petugas pertanian apabila ada permasalahan di lapangan.

"Kami butuh data setiap kelompok tani, ini memudahkan kita melakukan monitoring, bantuan harus merata, Kami juga mengingatkan bantuan yang diberikan pemerintah bukan untuk Ketua kelompok tetapi untuk semua anggota kelompok. Silahkan bekerja sama dalam kelompoknya untuk maju dan berhasil bersama," harap bupati.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Pemkab Barru Diharap Ringankan Beban Masyarakat

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru, Ahmad menambahkan, komoditi tanaman pangan terbesar di Kabupaten Barru adalah tanaman padi, dimana produksi padi yang dihasilkan setiap tahunnya telah mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

"Pertanian tanaman pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas pangan nasional sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan," kata Ahmad.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru