Sabtu, 11 September 2021 14:41

Diikuti 40 Peserta, Training Literasi Berita di Sulsel Bahas Cara Menangkal Hoax

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Diikuti 40 Peserta, Training Literasi Berita di Sulsel Bahas Cara Menangkal Hoax

Pelatihan ini dapat membantu masyarakat mengidentifikasi informasi tersebut benar berdasarkan fakta atau hanya fiksi.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Sedikitnya 40 peserta mengikuti training literasi berita yang diselenggarakan secara daring oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Selatan melalui dukungan Google News Initiative bersama Cek Fakta, Sabtu (11/9/2021).

Kegiatan yang digelar secara daring melalui Google Meet ini menghadirkan Managing Editor Kompas.com, Heru Margianto dan Praktisi Media dari Suara.com, Arsito Hidayatullah sebagai mentor dalam pelatihan literasi berita ini. Berbagai latar belakang profesi hadir mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Ketua AMSI Sulsel, Herwin Bahar dalam sambutannya mengatakan, para peserta berlatar belakang mahasiswa, jurnalis, dosen, guru, dan juga praktisi media.

Baca Juga : Tekan Misinformasi, AMSI Gelar FGD Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita di Makassar

"Kita harapkan melalui pelatihan ini, para peserta bisa mendapat bayangan tentang bagaimana menyikapi informasi yang banyak beredar. Termasuk bagaimana cara menangkal hoax," ungkapnya.

Sementara itu, Irene Jay Liu, News Lab Lead Google Asia Pacific (APAC) melalui video pengantar menyampaikan pentingnya keterlibatan semua pihak melawan mis-informasi. Ia berharap pelatihan ini dapat membantu masyarakat mengidentifikasi informasi tersebut benar berdasarkan fakta atau hanya fiksi.

Baca Juga : Road to IDC AMSI 2021 Digelar di 8 Wilayah, Makassar Angkat Tema Pemulihan Ekonomi Melalui Digitalisasi Pariwisata

“Terlebih di era pandemi, jika kita tidak dapat membedakan antara informasi yang benar dan fiksi, itu bisa menjadi masalah hidup dan mati. Apalagi informasi tersebut adalah informasi penting yang akan menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan penting bagi keluarga yang mereka cintai,” ujarnya.

#literasi berita sulsel #AMSI Sulsel