Jumat, 10 September 2021 17:36

Andi Iwan Darmawan Aras Ternyata Punya Andil Besar di Bendungan Paselloreng, Begini Ceritanya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Iwan Darmawan Aras Ternyata Punya Andil Besar di Bendungan Paselloreng, Begini Ceritanya

Ini adalah kali kedua, Andi Iwan Darmawan Aras mendatangkan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Wajo.

RAKYATKU.COM,WAJO - Keberadaan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo tidak lepas dari perjuangan Andi Iwan Darmawan Aras (AIA).

Wakil ketua Komisi V DPR RI itu turut andil dalam pembangunan bendungan yang diresmikan Presiden Joko Widodo tersebut.

Tahun 2018 lalu, AIA menghadirkan Presiden Joko Widodo pada masa pemerintahan Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru. Tepatnya 3 Juli 2018 silam dalam rangka meninjau progres pembangunan Bendungan Paselloreng tersebut.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel dan Komisi V DPR RI Pastikan Kesiapan Lahan Pembangunan Stadion di Sudiang

Usai peresmian, AIA menyempatkan waktu bersilaturahmi dengan pengurus Apdesi Kabupaten Wajo di lokasi Bendungan Paselloreng, termasuk Kepala Desa Arajang Jumadi.

Berbincang santai dengan pengurus Apdesi Kabupaten Wajo, AIA juga berpose bersama dengan mereka dan menyampaikan akan mengawal pembangunan yang ada di Kabupaten Wajo.

"Alhamdulillah Bendungan Paselloreng yang dibangun sejak 2015 terletak di Desa Arajang atau sekira 55,5 kilometer dari Sengkang, ibu kota kabupaten Wajo. Hari ini telah selesai dan siap difungsikan," ujar wakil ketua Komisi V DPR RI itu usai mendampingi Presiden Jokowi, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga : Cerita Masa Kecil Andi Iwan Aras, Sering ‘mappincara’ di Desa Balielo

"Sebagai legislator Komisi V, kami melakukan pengawalan sejak bertugas di komisi infrastruktur pada periode pertama 2014 lalu. Ini upaya benih kesabaran dan segera dirasakan manfaatnya bagi petani," ujar legislator yang terpilih dari daerah pemilihan (dapil) Sulsel 2 ini.

"Bendungan Paselloreng dengan kapasitas daya tampung yang cukup besar hingga 138 juta meter kubik dan luas genangan sebesar 1.258 hektare dan dilengkapi dengan bendung irigasi itu, diyakini akan mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional," imbuhnya.

Baca Juga : Andi Iwan Aras Tinjau Proyek Pembangunan Tanggul Sungai Walennae-Cenranae Wajo

Melalui sejumlah manfaat dan manajemen air dengan sistem kaskade yang diterapkan Bendungan Paselloreng, diharapkan ketersediaan air di salah satu lumbung pangan nasional tersebut dapat terus terjaga, terus berproduksi, serta meningkatkan intensitas tanam para petani.

"Kita berharap bendungan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada masyarakat Kabupaten Wajo dan sekitarnya dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat adanya banjir," ucap AIA.

"Mewakili masyarakat Sulawesi Selatan, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden dan bapak menteri atas pembangunan Bendungan Paselloreng dan Bendungan Gilireng yang menelan anggaran tidak sedikit," katanya.

Baca Juga : Lima Poin Kesepatakan Pembebasan Lahan Bendungan Paselloreng Wajo

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel ini berharap kehadiran Bendungan Paselloreng dan Bendungan Gilireng di Kabupaten Wajo bisa meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

Andi Iwan juga menyampaikan komitmennya mengawal anggaran pembangunan infrastruktur di Sulsel di Senayan.

"Kehadiran bendungan ini kita harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani, dengan tersedianya air untuk persawahan di Kabupaten Wajo, dapat meningkatkan produksinya. Yang tadinya hanya mengandalkan tadah hujan, akhirnya bisa mendapat pengairan yang baik," katanya.

Baca Juga : Wakil Ketua Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Pembangunan Jalan Akses Tol MNP

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Bendungan Paselloreng #Andi Iwan Darmawan Aras