Rabu, 08 September 2021 10:38

Bakal Diresmikan Jokowi, Bendungan Paselloreng Wajo Termasuk Terbesar di Sulawesi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penantian rampungnya pembangunan Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, akhirnya terwujud.
Penantian rampungnya pembangunan Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, akhirnya terwujud.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan datang langsung ke Bumi Lamaddukkelleng untuk melakukan peresmian ke salah satu bendungan terbesar di Pulau Sulawesi ini.

RAKYATKU.COM, WAJO - Penantian rampungnya pembangunan Bendungan Paselloreng" href="https://rakyatku.com/tag/bendungan-paselloreng">Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, akhirnya terwujud. Itu setelah pemerintah pusat mengagendakan peresmiannya dalam waktu dekat ini.

Bahkan jika tak ada hambatan, Presiden RI Joko Widodo" href="https://rakyatku.com/tag/presiden-ri-joko-widodo">Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan datang langsung ke Bumi Lamaddukkelleng untuk melakukan peresmian ke salah satu bendungan terbesar di Pulau Sulawesi.

Lalu, seperti apa detail bendungan ini? Dari berbagai data dan sumber yang dihimpun, proyek strategis nasional ini, mulai dikerjakan pada 2015 lalu. Penyelelesainnya pun tengah digenjot beberapa bulan terakhir.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

Bendungan ini bakal memiliki kapasitas tampung sekitar 138 juta meter kubik. Luas genangan 169 hektare dan ditarget bisa mengairi areal persawahan 8.510 hektare.

Bendungan Paselloreng dibangun dengan biaya Rp771,69 miliar. Sementara, Bendung Gilireng yang menggunakan anggaran Rp199 miliar dan berlokasi di Desa Arajang, akan berfungsi sebagai pintu air yang akan mengairi lahan persawahan.

Jika sudah berfungsi secara maksimal, lahan persawahan di sekitar di Kecamatan Gilireng, Sajoanging, Penrang, dan sebagian Majauleng, akan terairi. Dampaknya bisa meningkatkan produksi pertanian yang bermuara pada kesejahteraan petani dan warga.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

Bukan hanya sektor pertanian, hadirnya bendungan ini juga berfungsi sebagai penyedia air baku, konservasi sumber daya air, dan pengembangan kawasan wisata.

Bendungan Paselloreng dan Gilireng juga bisa dimanfaatkan sebagai infrastruktur pengendali banjir wilayah hilir Sungai Gilireng sebesar 1.000 meter kubik per detik.

Manfaat lainnya akan mendukung pengembangan sektor perikanan air tawar dan pariwisata serta konservasi sumber daya air pada kawasan green belt.

Baca Juga : Menyusun RKPD Tahun 2025, Pemkab Wajo Gelar Musrenbang

Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengaku bersyukur dengan terealisasinya pembangunan ini. Menurutnya, dampak positif untuk jangka panjang akan terasa dalam mendukung berbagai program pemerintahan.

"Insyaallah akan banyak memberi manfaat untuk Wajo dengan kehadiran Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng. Kita tentu patut berterima kasih kepada pemerintah pusat dan singergitas semua pihak atas rampungnya pembangunan ini," kata Amran Mahmud, Rabu (8/9/21).

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Bendungan Paselloreng #Presiden RI Joko Widodo