Minggu, 05 September 2021 14:01

78 Persen, Tercatat 8.325 Warga Binaan Pemasyarakatan di Sulsel Sudah Divaksin

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
78 Persen, Tercatat 8.325 Warga Binaan Pemasyarakatan di Sulsel Sudah Divaksin

Sisa 2.322 warga binaa di Sulsel yang belum divaksinasi.

RAKYATKU.COM -- Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Adi Kurniadi, Minggu (5/9/2021) mengatakan 78 persen Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada lapas dan rutan di Sulawesi Selatan sudah divaksin Covid-19.

Adi mengatakan, berdasarkan data pada 4 September, ada 10.647 orang WBP yang menghuni lapas dan rutan di Sulsel. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.325 orang sudah divaksin Covid-19 dengan rincian, 4.283 orang telah divaksin dosis pertama, dan 4.042 orang telah divaksin dosis lengkap.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto berterima kasih kepada Pemprov Sulsel, pemerintah kabupaten dan kota di Sulsel, TNI, Polri, Poltekkes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar serta semua pihak yang telah  membantu vaksinasi Covid-19 pada lapas dan rutan di Sulsel.

Baca Juga : Forkompinda Kabupaten Takalar Rapat Evaluasi Vaksinasi Covid-19

"Sisa 2.322 WBP yang belum divaksin dan akan segera kami koordinasikan dengan pihak terkait. Bagi WBP yang kurang sehat, saat ini dalam pengobatan agar mereka bisa divaksin juga," kata Harun.

Menurut Harun, dari 24 lapas dan rutan di Sulsel ada 15 lapas dan rutan yang capaian vaksinasinya di atas 85 persen yakni Rutan Pinrang, Bantaeng, Sidenreng Rappang, Watansoppeng, Malino, Sinjai, Barru, Enrekang, Pangkajene, Jeneponto, Sengkang, dan Selayar. Kemudian Lapas Kelas I Makassar, Takalar, dan Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa.

 

Kakanwil Harun mengatakan, vaksinasi ini sebagai salah satu ikhtiar agar para WBP terhindar dari Covid-19. Selain itu pihaknya memonitor dan mengevalusi penerapan prokes Covid-19 di lapas/rutan yang meliputi ketersediaan tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan kedisiplinan penggunaannya, pembagian vitamin, alat cek suhu tubuh, protap menjaga jarak dan pencegahan kerumanan, pengaturan olahraga WBP, penyuluhan oleh dokter dan para medis kepada WBP dan penanganan serta  mekanisme jika ada WBP yang sakit.

Baca Juga : Di Wajo, Vaksinasi Covid-19 Berhadiah Umrah dan SIM Gratis

"Selain juga ada sosialisasi dan edukasi berkala dari dr Wahida SpKJ (Dokter Rutan Makassar) yang diikuti para kalapas dan karutan se-Sulsel," kata Kakanwil Harun.

Sponsored by advertnative
 
#vaksinasi covid-19 #Kakanwil Kemenkumham Sulsel