Selasa, 31 Agustus 2021 12:57

ASN Cepat Gajian, Pemprov Sultra Dapat Penghargaan dari PT Taspen dan BPJS Kesehatan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ASN Cepat Gajian, Pemprov Sultra Dapat Penghargaan dari PT Taspen dan BPJS Kesehatan

Sekda Sultra menyampaikan apresiasi kepada PT Taspen dan BPJS Kesehatan Cabang Kendari atas penghargaan yang diberikan terkait pembayaran gaji dan tunjangan ASN yang tepat waktu setiap bulannya.

RAKYATKU.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima penghargaan dari PT Taspen dan BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Senin (30/8/2021).

Penghargaan itu diberikan menyusul langkah pemprov yang berhasil melakukan terobosan dengan mempercepat pembayaran penggajian ASN yang berdampak pada percepatan pembayaran pada Taspen dan BPJS Kesehatan.

Acara penyerahan penghargaan itu digelar di kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang dihadiri langsung Sekretaris Daerah Nur Endang Abbas, Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Suharno, Kepala BPKAD Basiran, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Zanuriah.

Baca Juga : Gubernur Sultra Ali Mazi; Enam Belas Tahun Perjuangkan RUU Daerah Kepulauan

Dari pihak PT Taspen hadir Manajer PT Taspen Cabang Kendari, Peter Laurensius Samosir dan Pimpinan Cabang BPJS Kesehatan Kendari, Ivan Ravian.

Saat ini, gaji dan tunjangan para ASN diterima setiap tanggal satu pada bulan berjalan. Hal ini berdampak pula pada ketepatan pembayaran pada Taspen dan BPJS Kesehatan yang menjadi mitra pemerintah dalam hal pelayanan dana pensiun dan iuran BPJS.

Dalam sambutannya, Sekda Sultra menyampaikan apresiasi kepada PT Taspen dan BPJS Kesehatan Cabang Kendari atas penghargaan yang diberikan terkait pembayaran gaji dan tunjangan ASN yang tepat waktu setiap bulannya.

Baca Juga : Empat Lembaga di Sultra Teken MoU, Ini Harapan Gubernur Ali Mazi

“Peningkatan kinerja yang dilakukan pemprov merupakan instruksi Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur kepada setiap OPD untuk membuat minimal satu inovasi di OPD-nya masing-masing sebagai respons atas Revolusi Industri 4.0. Kita tinggalkan masa-masa konvensional dan mengucapkan selamat datang pada era digital 4.0,” kata Sekda dalam sambutannya.

Sekda melanjutkan, sebagai wujud nyata sistem digital yang dilaksanakan BPKAD dan jajarannya, menciptakan inovasi-inovasi percepatan pada pengelolaan keuangan daerah. Diharapkan, inovasi-inovasi yang tercipta ini dapat dibuatkan brand dengan nama khas sesuai dengan peruntukannya (layanannya).

Secara khusus, Sekda juga menyampaikan apresiasinya kepada kepala BPKAD atas kinerjanya yang berhasil meningkatkan serapan anggaran Pemprov Sultra menjadi urutan ke-16 dari 34 provinsi.

Baca Juga : Seleksi Anggota Komisi Informasi Sultra Dimulai

Kepala BPKAD, Basiran dalam sambutannya menyampaikan, penghargaan yang diperoleh ini tidak terlepas dari dorongan gubernur dan wakil gubernur. Disampaikan bahwa kinerja berhasil ditingkatkan maka penghargaan akan datang dengan sendirinya.

Ditambahkan, kinerja BPKAD sebagai pelayan keuangan daerah adalah kewajiban dan tupoksi, termasuk di dalamnya serapan anggaran dan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK. Kepala BPKAD juga menyampaikan apresiasinya kepada jajarannya yang telah bekerja baik dan kompak selama ini.

"BPKAD ini ibarat mesin penggerak pada sebuah mobil. Sedangkan OPD adalah roda, bemper, atau remnya. Mobil tidak bisa berjalan dengan normal bila salah satu komponennya tidak saling mendukung. Walaupun mesin sudah bunyi, tapi rem diinjak maka mobil tersebut tidak bisa berjalan,” kata kepala BPKAD mengilustrasikan.

Baca Juga : Ada Patung Bung Karno di Kendari, Peresmian Dihadiri Gubernur Sultra dan Romy Soekarno

Kepala BPKAD juga menyampaikan terima kasih kepada Sekda Sultra atas bimbingan dan dorongannya sehingga kinerja BPKAD dapat berjalan dengan baik, dan kemudian memperoleh penghargaan.

 

Penulis : Lisa Emilda
#Pemprov sultra