Senin, 23 Agustus 2021 10:13

Relawan Pendidikan Baznas Bangkitkan Semangat Anak-Anak Korban Kebakaran Kampung Lepping

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kegiatan dimulai dengan aktivitas mewarnai gambar profesi kemudian di jelaskan berbagai macam profesi.
Kegiatan dimulai dengan aktivitas mewarnai gambar profesi kemudian di jelaskan berbagai macam profesi.

Kegiatan psikososial berlangsung selama tiga hari, Jumat--Minggu (20--22/8/2021) yang dilakukan di lokasi pengungsian.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Relawan Pendidikan Baznas" href="https://rakyatku.com/tag/relawan-pendidikan-baznas">Relawan Pendidikan Baznas (RPB) Regional Makassar bersama Baznas Kota Makassar memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) terhadap anak-anak terdampak bencana kebakaran di Kampung Lepping, Jalan Muhammad Tahir, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Enam orang personel RPB ikut serta dalam kegiatan ini, yakni Mutmainnah, Andi Ratu Namanda, Usman Pala, Muhammad Ahlun Nasab, Ari Zulfikar, dan Ahmad Fachri.

Giat tersebut dilakukan guna mengurangi gejala stres yang dialami anak-anak pasca terjadinya kebakaran hebat yang terjadi Rabu (11/8/2021) lalu.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan Logistik Korban Kebakaran Jalan Andi Djemma Makassar

Peristiwa itu menyebabkan 95 rumah hangus terbakar dan 15 rumah lainnya terdampak, serta 123 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Kegiatan psikososial berlangsung selama tiga hari, Jumat--Minggu (20--22/8/2021) yang dilakukan di lokasi pengungsian.

Pada hari terakhir, Relawan Pendidikan Baznas Makassar melaksanakan kegiatan kelas motivasi dengan tujuan membangkitkan semangat belajar dengan tema "Aku Anak Hebat: Inilah Cita-Citaku".

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Kebakaran di Galangan Kapal Makassar

Mutmainnahm salah satu RPB, mengatakan kegiatan dimulai dengan aktivitas mewarnai gambar profesi kemudian di jelaskan berbagai macam profesi.

"Kami memberikan edukasi kepada anak-anak untuk menjadi anak hebat dengan mengajak satu per satu anak-anak mengelompokkan karakter baik untuk menjadi anak hebat dalam kehidupan sehari-hari," kata Mutmainnah, Minggu (22/8/2021).

Ketua Baznas Kota Makassar, H.M. Azhar Tamanggong, mengatakan kegiatan ini untuk memulihkan kejiwaan serta semangat anak-anak yang terdampak kebakaran.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Serahkan Zakat Lewat Baznas pada Gerakan Salat Subuh Berjemaah

"Kami berharap agar anak-anak korban kebakaran bisa pulih kembali jiwa dan semangatnya agar tetap bahagia dan melupakan peristiwa yang terjadi. Karena semangat anak anak ini perlu kita bangkitkan," ujarnya.

Sementara itu, Irmawati (38), salah satu orang tua dari anak-anak tersebut sangat bersyukur dengan adanya Relawan Baznas datang menghibur dan memberikan motivasi untuk semangat belajar dalam mengapai cita-citanya.

"Agenda selama tiga hari ini sangat berkesan. Anak-anak tidak hanya bermain, tapi ada aktivitas belajar. Kami pun juga sangat terhibur," ujar Irmawati.

Baca Juga : Makassar Salat Subuh Berjemaah, Baznas Beri Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, serta antusias dengan semangat dari sorak sorai suara yang bergema dari 60 anak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Acara ditutup dengan berbagi bingkisan makanan dan mainan edukasi untuk memberikan senyum ceria diwajah anak-anak korban kebakaran.

Penulis : Usman Pala
#Relawan Pendidikan Baznas #baznas makassar #Kebakaran Makassar