Minggu, 22 Agustus 2021 18:01

Wali Kota: Parepare Akan Miliki Masjid Terindah di Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota: Parepare Akan Miliki Masjid Terindah di Sulsel

Masjid BJ Habibie dibangun sekitar 50 meter dari Titik Kembali Nol, dan 70 meter menjorok ke arah laut dari bibir Pantai Mattirotasi.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Pembangunan ikon religius Masjid Terapung BJ Habibie di kawasan Pantai Mattirotasi, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, terus menunjukkan kemajuan.

Hal itu tampak saat Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe turun meninjau dengan bersepeda (gowes) Minggu, (22/8/2021).

Taufan tampak puas dengan progres pembangunan masjid yang dirancang menjadi termegah dan terindah di Sulsel ini. Pembangunan masjid terapung ini ditarget rampung hingga akhir Desember 2021.

Baca Juga : Masjid Terapung BJ Habibie Jadi Tempat Pelaksanaan Safari Zikir

"Insya Allah masjid terapung ini akan menjadi termegah dan terindah di Sulawesi Selatan. Ini mungkin pertama kalinya, masjid yang dibangun betul-betul terapung, karena tidak direklamasi," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Taufan juga meninjau progres pembangunan Anjungan Cempae, di pesisir Pantai Cempae, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, yang nantinya menjadi ikonik di utara Parepare.

"Ini adalah bukti dan upaya kami dalam mewujudkan pemerataan pembangunan," katanya.

Baca Juga : Telan Korban Jiwa, Walkot Parepare Instruksikan Tingkatkan Pengawasan Pengerjaan Masjid Terapung BJ Habibie

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Parepare, Samsuddin Taha, menjelaskan, Masjid Terapung BJ Habibie didesain memadukan modernisasi, religius, estetika artistik, panorama alam, dan kemegahan.

Itu diyakini akan membuat perekonomian Parepare semakin menggeliat, sekaligus mendukung upaya pemulihan ekonomi yang dicanangkan Pemkot Parepare tahun ini.

Masjid BJ Habibie dibangun sekitar 50 meter dari Titik Kembali Nol, dan 70 meter menjorok ke arah laut dari bibir Pantai Mattirotasi.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Perkenalkan Masjid Terapung BJ Habibie Spot Wisata Religi

Samsuddin Taha mengungkapkan, anggaran yang untuk pembangunan masjid ini bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) dari pagu senilai Rp30 miliar, terealisasi Rp29,5 miliar.

"Parepare seperti yang Bapak Wali Kota selalu dengung-dengungkan adalah kota santri dan ulama. Masjid ini hadir untuk memperkuat identitas kota santri dan ulama itu," kata Samsuddin.

Kepala Bappeda Parepare ini mengemukakan, sosok Presiden ke-3 RI yang juga putra Parepare BJ Habibie menjadi tema pembangunan masjid ini. Karena memang BJ Habibie adalah sosok inspirasi dalam pembangunan Parepare selama tujuh tahun terakhir.

Baca Juga : Ribuan Masyarakat Parepare Salat Idulfitri di Masjid Terapung BJ Habibie

"Sosok BJ Habibie ini adalah tokoh intelektual dan modern. Jadi inspirasi Parepare ada pada beliau," tandas Samsuddin.

Penulis : Hasrul Nawir
#masjid terapung bj habibie #masjid terapung parepare