Selasa, 17 Agustus 2021 12:31

Sidang Senat Terbuka Poltekpar Makassar Dirangkaikan Kuliah Perdana

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sidang Senat Terbuka Poltekpar Makassar Dirangkaikan Kuliah Perdana

Mahasiswa baru hadir secara luring adalah perwakilan dari setiap program studi dengan jumlah terbatas karena masih dalam masa pandemi dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

RAKYATKU.COM -- Sidang senat terbuka digelar Poltekpar Makassar, Senin (16/8/2021). Dirangkaikan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 di Balairung I Wayan Bendhi.

Acara yang berlangsung secara luring dan during itu diikuti sebanyak 618 mahasiswa. Mereka berasal dari delapan program studi yakni D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK), D3 Manajemen Tata Hidangan (MTH), D3 Manajemen Tata Boga (MTB), D4 Pengelolaan Perhotelan (PPH), D3 Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata (MJP), D4 Usaha Perjalanan Wisata (UPW), D4 Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan (MKH) dan D4 Destinasi Pariwisata (DPA).

Adapun mahasiswa baru yang hadir secara luring adalah perwakilan dari setiap program studi dengan jumlah terbatas karena masih dalam masa pandemi dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

Kegiatan diawali pembukaan sidang terbuka senat akademik Poltekpar Makassar dengan agenda penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Dirangkaikan kuliah perdana yang dibuka Ketua Senat Akademik Poltekpar Makassar, Dr Ahmad AB, SE, MSi, CHE.

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru, Dra Margaretha Wadid Rante, MSi, CHE. Dia menyebut, total peminat dari dua jalur penerimaan mahasiswa baru tahun ini sebanyak 2.617 orang. Dan yang dinyatakan lulus dan telah melakukan pendaftaran ulang sebanyak 618 orang.

Direktur Poltekpar Makassar, Drs Muhammad Arifin, MPd menyampaikan bahwa mahasiswa baru harus mampu menyesuaikan lingkungan baru di kampus Politeknik Pariwisata Makassar.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Dalam Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP), mereka diberi informasi tentang apa dan bagaimana bermasyarakat di kampus.

“Untuk menyelesaikan suatu program studi di Poltekpar Makassar salah satu persyaratannya adalah mahasiswa tersebut telah melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN) selama satu semester dan untuk melaksanakan PKN mahasiswa diwajibkan lulus PSDP," jelasnya.

Muhammad Arifin juga menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa baru Poltekpar Makassar atas nama Alif Munawir, Program Studi Manajemen Tata Boga atas terpilihnya sebagai “The Most Viewed Video on TikTok” pada rangkaian kegiatan PSDP.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Widyawisata di Tiga Hotel di Makassar

Mahasiswa diberikan tugas dan mahasiswa tersebut telah memberi inovasi dan adaptasi yang luar biasa.

“Mahasiwa tersebut viral di medsos TikTok dalam memperkenalkan kampus Poltekpar Makassar dengan viewers sebanyak 7,5 juta. Dengan itu direktur memberikan apresiasi berupa bantuan biaya pendidikan satu semester," kata Arifin.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, SPsi, MSi, MPsi menyampaikan ceramah umum.

Baca Juga : Pokltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

Dia mengingatkan bahwa mahasiswa harus mempunyai tiga kompetensi yakni kompetensi intelektual, kompentesi sosial, dan (3) kompetensi spiritual.

Penulis : Lisa Emilda
#Poltekpar Makassar