Minggu, 15 Agustus 2021 20:47

Serius Kembangkan Timnas Sepak Bola Wanita, Arab Saudi Datangkan Pelatih Perempuan Asal Jerman

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Monica Staab
Monica Staab

Monika Staab ikon olahraga Jerman berusia 62 tahun ini memiliki karier bermain yang membuatnya mewakili Kickers Offenbach (1970-1977) dan NSG Oberst Schiel di Jerman.

RAKYATKU.COM -- Dulu tim sepak bola Arab Saudi hanya laki-laki. Sekarang, tim perempuan juga terbentuk. Bagian dari modernisasi menuju visi 2030.

Tidak tanggung-tanggung, Arab Saudi mendatangkan pelatih kawakan asal Jerman, Monika Staab. Dia resmi ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional sepak bola wanita Saudi. Federasi Sepak Bola Arab Saudi mengumumkan pada hari Rabu.

Staab akan ditugaskan untuk melatih tim nasional wanita yang baru dibentuk kurang dari setahun setelah pembentukan Liga Sepak Bola Wanita Saudi, yang diharapkan akan memulai musim keduanya pada bulan November.

Baca Juga : Masih Ada 26 Jemaah Haji Indonesia 1444 H Dirawat di RS Arab Saudi

Sebagai pelopor dalam pengembangan sepak bola wanita, ikon olahraga Jerman berusia 62 tahun ini memiliki karier bermain yang membuatnya mewakili Kickers Offenbach (1970-1977) dan NSG Oberst Schiel di Jerman.

Staab juga pernah membela Queens Park Rangers, Paris Saint Germain dan Southampton, antara lain di akhir 1970-an dan awal 1980-an.

Setelah pensiun pada tahun 1992, ia melatih SG Praunheim, klub terakhirnya bermain, selama enam tahun, sebelum pindah ke klub Bundesliga FFC Frankfurt. Dia memenangkan Piala Wanita UEFA 2002 (sekarang Liga Champions Wanita UEFA), empat gelar liga dan lima Piala Jerman.

Baca Juga : Satu Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Usai Jalani Perawatan di Arab Saudi

Dia ditunjuk sebagai pelatih tim nasional wanita Bahrain pada 2007, dan pada 2013-14, tim nasional Qatar.

Dia telah tinggal di Gambia sejak akhir musim gugur 2018, di mana dia menjalankan Proyek Sepak Bola Gambia Jerman, yang bertujuan untuk meningkatkan struktur sepak bola wanita di negara Afrika.

Inisiatif ini dibuat Kantor Luar Negeri Jerman dan Konfederasi Olahraga Olimpiade Jerman.

Baca Juga : Arab Saudi Beri Penghargaan Tiga Negara Pengirim Jemaah Haji Terbanyak

Pelatih veteran itu telah mengunjungi sekitar 80 negara sejauh ini. Berbeda dengan rata-rata globetrotter, bagaimanapun, dia memiliki gagasan yang sangat jelas tentang tujuan utamanya: Untuk membantu sepak bola wanita dan anak perempuan berkembang di seluruh dunia.

“Saya telah memenangkan trofi di masa lalu, tetapi pengembangan adalah sesuatu yang sangat penting bagi saya. Membantu anak perempuan berkembang, dalam hal kepribadian mereka juga, sangat penting bagi saya. Saya menyadari bahwa saya lebih suka melakukan itu daripada fokus ke Piala Dunia,” katanya kepada FIFA.com.

#Monika Staab #arab saudi