Selasa, 10 Agustus 2021 22:02

Kemenag Sulsel Luncurkan Pekan Vaksinasi di Tahun Baru Islam, Ini Janji Plt Gubernur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran di lapangan indoor MAN 2 Makassar ditandai dengan pemukulan gendang oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
Peluncuran di lapangan indoor MAN 2 Makassar ditandai dengan pemukulan gendang oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Menanggapi kekurangan vaksin yang dibutuhkan Kemenag Sulsel, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menjanjikan 6.000 dosis vaksin yang dapat segara diambil.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pekan vaksinasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan dengan tagline Merdeka dari COVID-19, Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh, diluncurkan secara resmi oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Selasa (10/8/2021).

Peluncuran yang digelar di lapangan indoor MAN 2 Makassar ini ditandai dengan pemukulan gendang oleh Andi Sudirman sebagai tanda dimulainya vaksinasi massal terhadap 2.650 ASN, non-ASN, serta santri dan siswa madrasah di 24 kabupaten/kota Se-Sulsel.

Ketua Satgas COVID-19 Kemenag Sulsel, HM Rasbi, mengatakan pada vaksinasi pertama ini, Kemenag Sulsel mendapatkan 2.600 dosis vaksin dari Dinas Kesehatan Sulsel dan 50 dari Kota Makassar.

Baca Juga : Dibangun Sejak 2019, Andi Sudirman Resmikan Bendung dan Embung Lalengrie Bone

"Vaksin ini selanjutnya didistribusikan ke daerah dengan kuota 100 vaksin untuk setiap kabupaten/kota," kata Rasbi.

Jumlah vaksin yang tersedia ini, menurut Rasbi, masih jauh dari kebutuhan sesungguhnya untuk Kemenag Sulsel. Masih terdapat 387.171 orang yang belum divaksin.

 

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni, menyampaikan pekan vaksinasi ini digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 kemederkaan Indonesia dan diluncurkan bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah.

Baca Juga : Cegah Penyebaran COVID-19 Masa Nataru, Plt Gubernur Sulsel Kumpulkan Bupati/Wali Kota

"Suatu peristiwa bersejarah bagi umat Islam yaitu ketika Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah. Kaum muhajirin ketika sampai di Madinah ditolong oleh kaum Anshar. Peristiwa ini merupakan momentum untuk kita saling bekerja sama, dan kerja sama yang terjalin dengan Pemprov Sulsel ini telah berjalan luar biasa," ucap Khaeroni.

Sponsored by MGID

Pekan vaksinasi ini, menurut Khaeroni, adalah bagian dari tindakan preventif untuk menjaga tubuh dari serangan COVID-19 dan merupakan langkah tepat dalam rangka melaksanakan perintah Allah Swt.

Khaeroni juga mengungkapkan bahwa Kemenag Sulsel masih membutuhkan vaksin dalam jumlah besar. Untuk itu dia mengimbau kepada kepala Kemenag kabupaten/kota agar menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah setempat sehingga semuanya bisa divaksin.

Baca Juga : Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Naoemi Octarina: Kami akan Berikan Fasilitasi Lebih Luas

Sementara itu, Menteri Agama RI yang diwakili staf khususnya, Gus Muh. Nuruzzaman, menyampaikan pekan vaksinasi yang digelar oleh Kanwil Kemenag Sulsel adalah bagian dari upaya untuk mengalahkan COVID-19 melalui vaksinasi massal.

"Apalagi ini diperuntukkan bagi para santri, siswa madrasah, penyuluh, penghulu, guru, tenaga pendidik, dan ASN maupun non-ASN Kemenag Sulsel," ucap Nuruzzaman.

Menanggapi kekurangan vaksin yang dibutuhkan Kemenag Sulsel, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menjanjikan 6.000 dosis vaksin yang dapat segara diambil.

Baca Juga : Andi Sudirman Bagi-Bagi Dana Transfer Daerah 2022; Bone Terbesar, Palopo Terkecil

"Tinggal diambil saja. Tapi, mungkin ambilnya secara betahap karena ini menyangkut penyimpanan. Stok vaksin kita ada, tinggal berkoordinasi dengan Kadis dan Pak Kabid," kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas peminjaman Asrama Haji Sudiang Makassar.

"Atas nama pemerintah Sulsel saya mengucapkan terima kasih atas peminjaman Asrama Haji. Panglima TNI dan Kapolri ketika berkunjung mengapresiasi karena asramanya setara dengan hotel berbintang," ujarnya.

Andi Sudirman menyebut saat ini dikebut pelaksanaan vaksinasi dengan melibatkan mobile vaksinator.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Serahkan DIPA 2022, Wali Kota Danny:Pemkot Fokus Penanganan Kesehatan Dulu

"Jadi daerah aglomerasi atau daerah penyebaran seperti Gowa, Makassar, Maros, akan didatangi oleh vaksinator. Teman-teman di Kemenag bisa juga memanfaarkan ini dengan menentukan satu titik kumpul, nanti mobil vaksinator yang akan mengunjungi," tuturnya.

Hadir pada peluncuran yang digelar secara hybrid (luring dan daring) ini, di antaranya bupati dan wali kota se-Sulsel, Wakapolda Sulsel, Kepala BIN Daerah Sulsel, Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, para kepala bidang dan pembimas lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, para kepala Kemenag kabupaten/kota, Kepala UPT Asrama Haji dan ribuan ASN se-Sulsel yang mengikuti secara virtual.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#Kemenag Sulsel #Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel