Senin, 09 Agustus 2021 12:09

DPO Pelaku Pencuri 40 Ekor Sapi Dibekuk di Wajo, Ditembak saat Penggerebakan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan.
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan.

Pelaku sebelumnya masuk daftar pencarian orang (DPO) yang mencuri 40 ekor sapi. Pelaku berhasil ditangkap oleh anggota Resmob Polres Wajo bersama Polsek Takkalalla.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepolisian Resort (Polres) Wajo berhasil membekuk pelaku pencurian sapi" href="https://rakyatku.com/tag/pencurian-sapi">pencurian sapi di Topai Kelurahan Bocco, Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Minggu (8/8/2021).

Pelaku sebelumnya masuk daftar pencarian orang (DPO) yang mencuri 40 ekor sapi. Pelaku berhasil ditangkap oleh anggota Resmob Polres Wajo bersama Polsek Takkalalla.

DPO berinisial RS (40) terpaksa ditembak oleh personel Polres Wajo karena berusaha melarikan diri saat dilakukan penggerebekan di rumahnya.

Baca Juga : Pastikan Keamanan Pemudik, Kapolres Wajo Cek Kesiapan Posko Dalam Rangka Hari Raya Idul Fitri 2024

Dari hasil interogasi polisi, RS bersama temannya mencuri sapi dengan cara menarik sapi milik korban yang ditambatkan di area persawahan.

Kemudian menggiring ke tempat aman selanjutnya menghubungi pemilik mobil untuk mengangkut sapi tersebut. Pelaku melancarkan aksinya pada pukul 02.30 Wita saat masyarakat sudah beristirahat.

Atas penangkapan tersebut, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan, menyampaikan apresiasi atas kinerja anggota Polres Wajo yang responsif menindaklanjuti aduan masyarakat terkait tindak pidana pencurian sapi yang meresahkan masyarakat.

Baca Juga : Polda Sulsel Siapkan Pengawasan Ketat Distribusi BBM Jelang Lebaran

Dia berharap dengan penangkapan DPO ini, aksi-aksi pencurian hewan ternak di Sulsel segera dihentikan. Apabila masih ditemukan aksi aksi yang meresahkan masyarakat ini, segera dilakukan penegakan hukum.

Zulpan juga memberi imbauan kepada masyarakat agar berperan aktif membantu pihak kepolisian dalam menghentikan tindakan pencurian sapi ini dengan saling memberi informasi kepada aparat setempat .

"Ya, jajaran Polda Sulsel tetap komitmen terkait penegakan hukum, walaupun saat ini masa pandemi," kata Zulpan, Senin (9/8/2021)

Baca Juga : Kapolres Wajo Pimpin Apel Operasi Ketupat 2024, Pengamanan Hari Raya Idul Fitri

Selain itu, kata Zulpan, polisi saat ini sedang gencar melaksanakan perintah Kapolri, khususnya penanganan aksi premanisme untuk menciptakan rasa aman dan ketertiban di masyarakat.

Penulis : Usman Pala
#Polda Sulsel #polres wajo #pencurian sapi