Sabtu, 07 Agustus 2021 10:15

Entaskan Stunting di Barru, Hasnah Syam Fokus Kunjungi 9 Lokasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anggota DPR RI, Hasnah Syam (kiri).
Anggota DPR RI, Hasnah Syam (kiri).

Turun langsung, kata Hasnah Syam, sebagai upaya untuk membangun komunikasi pentingnya pemberdayaan perempuan utamanya para ibu, untuk memahami akar masalah stunting dan metode penyelesaiannya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Anggota DPR RI, Hasnah Syam" href="https://rakyatku.com/tag/hasnah-syam">Hasnah Syam, bertekad mengentaskan stunting" href="https://rakyatku.com/tag/stunting">stunting di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, dengan turun langsung ke lapangan.

Seperti pada Jumat (6/8/2021), sosok yang akrab disapa Bu Dokter itu mendatangi Desa Nepo dan Manuba. Kunjungannya pun mendapat apresiasi dari ibu dan anak setempat,

Dirinya terus menggelorakan hal ini, baik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Barru ataupun Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Barru yang memiliki data dari informasi jaringan kader di tiap pelosok desa.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Pertemuan yang dibatasi hanya untuk anak stunting dan ibu hamil ini, disertai pemberian makanan tambahan untuk 90 hari ke depan.

"Alhamdulillah, kita bantu ibu hamil dan anak stunting dengan berikan makanan tambahan yang sedianya cukup untuk 90 hari. Berharap makanan tambahan ini, ibu hamil terjaga imunnya dan bayi dalam kandungan, gizinya terjamin. Insyallah terlahir anak sempurna dengan tinggi dan berat badan ideal," sebut Bu Dokter yang di tiap kunjungan mendahulukan kepastian atas disiplin penegakan protokol kesehatan.

Turun langsung, disebutnya sebagai upaya untuk membangun komunikasi pentingnya pemberdayaan perempuan utamanya para ibu, untuk memahami akar masalah stunting dan metode penyelesaiannya.

Baca Juga : Sekda Barru Emosional Lepas Jenazah Hasnah Syam, Pj Gubernur Sulsel Pimpin Pemakaman

"Masyarakat kita memerlukan motivasi untuk berdayakan sumber daya di sekitarnya termasuk pekarangan rumah. Perkara stunting akibat kekurangan gizi, dapat teratasi bila hasil kebun keluarga termasuk toga (tanaman obat keluarga) di pekarangan sediakan semuanya, sebab kendala utama justru kurangnya pengetahuan dan panduan, karena itu kita turun," jelas Hasnah Syam yang menargetkan sembilan lokasi fokus stunting pada 2022.

Dirinya juga terlihat menyempatkan diri mengunjungi rumah kadernya yang berhasil menata dan memberdayakan pekarangan menjadi produktif dengan ragam tanaman sehat keluarga.

"Mari ajak setiap ibu di rumah untuk manfaatkan lahan pekarangan, semoga menopang ketahanan pangan rumah tangga sekaligus sebagai strategi menjaga ketersediaan asupan gizi sayur-mayur anak kita," pungkasnya.

Baca Juga : Ribuan Warga dan Tokoh Sambut Jenazah Hasnah Syam di Rumah Duka

Stunting merupakan istilah bagi gangguan pertumbuhan pada anak ditandai tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya, yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Penulis : Achmad Afandy
#hasnah syam #stunting #barru