Jumat, 06 Agustus 2021 14:12

PLN ULP Barru dan DD Sulsel Salurkan Listrik Gratis untuk Keluarga Prasejahtera

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salah satu keluarga penerima PLN Virtual Charity Run and Ride di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.
Salah satu keluarga penerima PLN Virtual Charity Run and Ride di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 189 warga kurang mampu yang tersebar di sejumlah tempat di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, telah menerima bantuan penyambungan listrik gratis melalui PT PLN Virtual Charity RUN dan Ride.

RAKYATKU.COM, BARRU - Listrik masih menjadi kebutuhan mahal bagi sebagian masyarakat di Indonesia, padahal masuk kategori kebutuhan pokok sehari-hari.

Masih banyak warga yang belum terpenuhi kebutuhan listriknya. Hal ini dikarenakan biaya instalasi yang mahal. Akibatnya banyak warga yang memilih menyambung listrik dari tetangga dan tak sedikit pula yang tinggal secara gelap gulita.

Melihat keadaan ini, PT PLN melakukan gelaran PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) yang merupakan rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75. PLN VCRR 2020 adalah ajang donasi melalui olahraga (berlari dan bersepeda) yang telah diselenggarakan pada November 2020 lalu.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Sulsel Gandeng Browcyl Manisin Pelosok dengan Ekspedisi Ramadan

Diselenggarakan secara virtual, ajang ini dapat diikuti di mana saja di seluruh nusantara. Tiap kilometer dalam berlari dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp40.000 dan sepeda sebesar Rp35.000.
Nominal tersebut digunakan untuk biaya penyambungan listrik rumah masyarakat Pra Sejahtera yang tersebar di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA.

Meskipun program VCRR 2020 sudah berakhir, sampai saat ini manfaat dari program ini masih terus disalurkan di berbagai wilayah. Salah satu wilayah yang mendapatkan bantuan VCRR adalah Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 189 warga kurang mampu yang tersebar di sejumlah tempat di wilayah Barru telah menerima bantuan penyambungan listrik gratis melalui PT PLN Virtual Charity RUN dan Ride.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Sulsel dan BSI Maslahat Resmikan Kerjasama Program Rumah Singgah Pasien

Manajer PLN ULP Unit Barru, Sandy Sanriaga, mengungkapkan, "Dengan adanya bantuan VCRR ini, para warga mangaku terbantu dengan adanya bantuan instalasi listrik ini. Warga yang sebelumnya menyambungkan listrik dari tetangga kini memiliki daya listrik sendiri dan dapat mengontrolnya tagihan bulanannya. Dan bagi warga yang sama sekali tinggal gelap gulita, kini telah bisa merasakan cahaya setiap malam dari bantuan listrik ini dari PLN."

"Penyaluran listrik gratis ini berupa pemasangan dan instalasi listrik berdaya 450 watt, dengan daya listrik yang rendah ini diharapkan membantu kebutuhan listrik masyarakat tidak mampu," kata Sandy, Jumat (6/8/2021).

Dalam penyaluran listrik gratis ini, PLN ULP Barru juga bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) sebagai mitra penyaluran.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Guru Tingkatkan Literasi Bencana

Para warga yang mendapat bantuan ini kebanyakan berprofesi sebagai petani, serabutan, janda, lansia, ada pula yang tidak bekerja dan hidup dari bantuan sosial yang memang belum memiliki instalasi listrik sama sekali.

#PLN ULP Barru #Dompet Dhuafa Sulsel