Kamis, 29 Juli 2021 22:00

Barru Raih Penghargaan Nasional Kabupaten Layak Anak 2021

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh.
Bupati Barru, Suardi Saleh.

Bupati Barru, Suardi Saleh, turut mengucap syukur dan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang tergabung dalam tim KLA atas kerja samanya sehingga Barru masuk kategori Madya. Predikat ini merupakan pertama kali bagi Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kabupaten Barru menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak" href="https://rakyatku.com/tag/kabupaten-layak-anak">Kabupaten Layak Anak (KLA) level Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Forum Anak Nasional. Barru masuk di antara 275 kabuapten/kota se-Indonesia.

Pemberian penghargaan tersebut diikuti Bupati Barru, Suardi Saleh, secara virtual di Barru Smart Centre (Besic) Kantor Bupati Barru, Kamis (29/7/2021).

Penghargaan KLA diberikan bagi kabupaten yang berkomitmen tinggi mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim verifikasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan tim independen.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Apresiasi pelaksanaan KLA ini diberikan dengan 24 indikator yang kemudian bermuara pada lima kategori, yakni Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Nindya, Kategori Utama, dan Kategori KLA. Namun, belum ada satupun daerah yang masuk pada peringkat tertinggi, KLA.

Di Sulawesi Selatan yang mendapatkan Kategori Pratama ada 7 kabupaten, kategori madya 6 kabupaten termasuk Barru bersama Sinjai, Bantaeng, dan Kota Makassar. Sementara, kategori Nindya hanya 2 kabupaten.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunagan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menyampaikan terima kasih kepada 275 kabupaten/kota yang mendapatkan predikat Kabupaten/Kota Layak Anak berbagai level.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Ia mengatakan, untuk mendapatkan predikat KLA bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan kerja keras yang bertujuan untuk perlindungan anak pada daerahnya masing-masing

Bupati Barru, Suardi Saleh, turut mengucap syukur dan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang tergabung dalam tim KLA atas kerja samanya sehingga Barru masuk kategori Madya. Predikat ini merupakan pertama kali bagi Barru.

"Ada lompatan kategori, kita belum pernah meraih kategori pratama sebelumnya, sebagai kategori paling bawah, namun tahun ini kita meraih kategori Madya sebagai kategori kedua," jelas Suardi Saleh.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

Suardi Saleh mengajak kepada seluruh kepala perangkat daerah dan stakeholder lainnya agar tahun depan dapat naik level lagi ke kategori Nindya. "Apakah kita siap meraih kategori yang lebih tinggi tahun 2022?" serunya. Dengan suara kompak seluruh pimpinan perangkat daerah dan stakeholder yang mengikuti acara menyatakan kesiapannya.

Hadir mengikuti kegiatan virtual ini, selain Bupati, juga ada Wakil Bupati Barru, Aska Mappe, Ketua Tim Penggerak PKK Barru, Hasnah Syam, para kepala perangkat daerah, dan para tim KLA.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Kabupaten Layak Anak