Kamis, 29 Juli 2021 14:06

Taufan Pawe Sebut Jadi Penyemangat, Predikat KLA Kota Parepare Naik Kelas

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe Sebut Jadi Penyemangat, Predikat KLA Kota Parepare Naik Kelas

Adapun 24 indikator penilaian dalam pemenuhan hak anak sebagai Kota Layak Anak tersebut dirangkum dalam lima klaster kelembagaan.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Komitmen tinggi Pemerintah Kota Parepare dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak kembali diakui pemerintah pusat.

Predikat Kota Layak Anak (KLA) yang diperoleh sejak 2017 berhasil dipertahankan. Tahun 2021 ini, Parepare bahkan naik kelas dari kategori Madya ke Nindya.

Penerimaan penghargaan KLA kategori diumumkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan apresiasi dan penghargaan.

"Ini adalah wujud komitmen tinggi oleh pemerintah kabupaten/kota dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang dinilai tim independen menggunakan 24 indikator," ujar I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Adapun 24 indikator penilaian dalam pemenuhan hak anak sebagai Kota Layak Anak tersebut dirangkum dalam lima klaster kelembagaan, yakni pemenuhan perlindungan khusus, pemenuhan hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe usai menyaksikan pengumuman penerimaan penghargaan tersebut di ruang pola Setdako Parepare mengatakan, meskipun Parepare berhasil meraih predikat Kota Layak Anak, namun penghargaan ke-194 di era kepemimpinannya ini bukanlah menjadi tujuan utama, tetapi sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam memenuhi hak-hak anak sebagai generasi emas penerus bangsa.

"Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus menunjukkan komitmen kuat terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak," ujar Taufan Pawe yang juga ketua DPD I Golkar Sulsel ini.

Dalam pemberian predikat Kota Layak Anak ini, terdapat lima kategori penghargaan, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Baca Juga : Pemkot Parepare Raih Kuota Formasi CPNS 2024 Sebanyak 88 Kursi

Parepare sendiri mengalami loncatan prestasi yang membanggakan dari Pratama, Madya, dan kini meraih kategori Nindya untuk penghargaan keempat kalinya yang diperoleh secara berturut-turut ini.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare