Selasa, 27 Juli 2021 13:58

Tinjau Vaksinasi Lintas Agama, Kapolda Sulsel: Jangan Percaya Hoax tentang Vaksin

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tinjau Vaksinasi Lintas Agama, Kapolda Sulsel: Jangan Percaya Hoax tentang Vaksin

Vaksinasi di Sulsel baru terpenuhi 18 persen dari target 70 persen.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menghadiri pembukaan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lintas agama di Gedung Serbaguna Aisyah Sulsel Jl Jenderal M Jusuf Kota Makassar, Selasa (27/7/2021).

Kegiatan tersebut diprakarsai Muhammadiyah Sulsel bekerja sama dengan Polda Sulsel.

Kehadiran Kapolda Sulsel disambut Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Pimpinan Wilayah Aisyah Sulsel, Direktur Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, dan pengurus lainnya.

Baca Juga : Polda Sulsel Pastikan Tidak Ada Penimbunan Beras

Merdisyam mengatakan tantangan dalam pelaksanaan programnya vaksinasi nasional yaitu masifnya informasi menyesatkan terkait vaksinasi yang jadi penghambat dalam pemenuhan target vaksinasi.

"Jangan percaya hoaks tentang vaksin ini dan mari kita ajak seluruh element masyarakat, tokoh-tokoh untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksin dan protokol kesehatan," ungkap Merdisyam.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan bahwa saat ini Sulsel baru terpenuhi 18 persen dari target 70 persen program vaksinasi bagi warga Sulsel.

Baca Juga : Kapolda Kunjungan Kerja ke Bone, Kapolres Lapor Kriminalitas Menurun

Dirinya bersyukur organisasi Muhammadiyah dapat berperan dan berkolaborasi bersama melibatkan lintas agama dan seluruh elemen masyarakat dalam pemenuhan target vaksinasi di Sulsel.

"TNI Polri hanya sebagai pendukung. Masyarakat lah sebagai elemen utamanya. Kami tidak berhenti, akan terus bergerak mendorong program vaksinasi ini berjalan sesuai target di Sulawesi Selatan yaitu 70 persen," tegas Kapolda.

Lebih jauh Kapolda Sulsel menyatakan, Muhammadiyah salah satu komponen yang memiliki SDM yang baik, dan jaringan yang cukup luas terutama di bidang kesehatan.

Baca Juga : Kapolda Sulsel Bagi Helem ke Pengendara di Makassar

"Oleh karenanya, Polda Sulsel berkolaborasi dengan Muhammadiyah Sulsel untuk mencapai target herd immunity," kata Merdisyam.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan menjelaskan dukungan dari berbagai pihak amat penting untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19. Sebab, fasilitas yang dimiliki pemerintah terbatas.

“Oleh karena itu, saya mengapresiasi sebuah upaya yang dilakukan Muhammadiyah melakukan vaksinasi massal lintas agama," imbuhnya.

Baca Juga : Kapolda Sulsel Sampaikan Dukacita atas Meninggalnya Menantu Wapres KH Ma'ruf Amin

Zulpan berharap, jika vaksinasi Covid-19 dipercepat dan berjalan optimal, kekebalan kelompok atau herd immunity dapat cepat tercapai. Dengan begitu, diharapkan tingkat kematian akibat Covid-19 bisa terus ditekan.

 

Penulis : Usman Pala
#kapolda sulsel #vaksinasi covid-19