Jumat, 23 Juli 2021 22:45

Pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu, DLHD Wajo Bagikan 10.000 Bibit Pohon

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengembangan Kawasan Pertanian Terpadu, DLHD Wajo Bagikan 10.000 Bibit Pohon

Program pengembangan kawasan pertanian terpadu di Wajo jadi bagian dari upaya melestarikan lingkungan dan menjaga keseimbangan alam.

RAKYATKU.COM,WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo kini tengah gencar menggalakkan pengembangan kawasan pertanian terpadu. Salah satunya melalui penanaman pohon untuk menghijaukan Bumi Lamaddukelleng.

Mendukung program itu, Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Wajo menyiapkan 10.000 bibit tanaman produktif. Seluruhnya akan diserahkan kepada desa-desa yang memiliki program pengembangan kawasan pertanian terpadu.

"Penyediaan bibit tanaman ini merupakan bagian dari upaya mendukung program pengembangan kawasan pertanian terpadu yang sedang digalakkan oleh Pemkab Wajo," tutur Amran Mahmud, bupati Wajo saat menghadiri Penanaman Sejuta Pohon di Desa Ujung Pero, Kecamatan Sabbangparu, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga : World Cleanup Day 2021, Lurah Atakkae Minta Masyarakat Lakukan Aksi Bersih-Bersih Sampah

Program pengembangan kawasan pertanian terpadu, kata Amran Mahmud, merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan lingkungan dan menjaga keseimbangan alam.

"Lingkungan atau lahan yang kritis kita hijaukan kembali dengan menanam tanaman yang produktif. Tujuannya, selain melestarikan lingkungan hidup dengan menghadirkan wisata agro, dari hasil tanaman ini nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan yang terpenting kita bisa menghasilkan pangan sehat," jelasnya.

 

Kepala Bidang Pencegahan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLHD Wajo, Muhammad Rafi Aryawardhana, mengatakan pengadaan bibit berdasarkan MoU Pemkab Wajo dengan Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah II Makassar.

Baca Juga : Plt Gubernur Instruksikan Kirim Bantuan Kebutuhan Korban Puting Beliung di Wajo

Sebelumnya, Rabu (21/7/2021), program penanaman sejuta pohon berlangsung di Desa Mattirowalie, Kecamatan Maniangpajo. Tanam pohon dilaksanakan bersama Kodim 1406/Wajo. Beberapa jenis pohon yang ditanam, di antaranya ketapang kencana, cempedak, durian, langsat, dan nangka.

Sponsored by MGID

 

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo