Jumat, 23 Juli 2021 11:14

Sejak Pandemi, Ini Satu-satunya Daerah di Indonesia yang Tidak Terdampak COVID-19

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dikutip dari covid19.go.id, zona tidak ada kasus adalah Pegunungan Arfak, Papua Barat. Sementara, zona tidak terdampak adalah Dogiyai, 1. Papua.

RAKYATKU.COM - Pemerintah kembali memperbarui zona risiko penularan COVID-19 di Indonesia. Sejak pandemi melanda, ada satu daerah di Indonesia bebas atau tidak terdampak COVID-19.

Berdasarkan data terbaru per 18 Juli 2021, jumlah wilayah yang masuk ke dalam zona hijau hanya tersisa dua kabupaten/kota.

Jumlah ini menurun dari update sebelumnya pada 11 Juli 2021, yakni ada 11 kabupaten/kota yang tidak memiliki kasus COVID-19 dan 1 kabupaten-kota tidak terdampak COVID-19.

Baca Juga : Inilah Keppres Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Covid-19 di Indonesia

Asal tahu saja, zona hijau COVID-19 di Indonesia dibagi menjadi dua kategori.

Pertama, wilayah yang dahulunya pernah ada kasus, tetapi dalam empat pekan terakhir tidak ada kasus penularan lagi dan angka kesembuhannya di atas 95 persen. Kedua, wilayah yang belum pernah terdampak COVID-19 sama sekali.

Dikutip dari covid19.go.id, zona tidak ada kasus adalah Pegunungan Arfak, Papua Barat. Sementara, zona tidak terdampak adalah Dogiyai, 1. Papua.

Baca Juga : Pemerintah Resmi Cabut Status Pandemi Covid-19, Beralih Jadi Endemi

Menurunnya jumlah wilayah yang masuk ke dalam zona hijau COVID-19 merupakan salah satu dampak dari lonjakan kasus dalam beberapa waktu terakhir.

#Covid-19 Indonesia #Bebas Covid-19