Kamis, 22 Juli 2021 23:57

Kasus Melonjak, RSUD Andi Makkasau Pastikan Layanan Kesehatan Pasien COVID-19 Memadai

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare, dr. Renny Anggraeny Sari.
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare, dr. Renny Anggraeny Sari.

Tiga rumah sakit di Kota Parepare, yakni RSUD Andi Makkasau, RS Fatimah, dan RS Sumantri semuanya masih memadai untuk pasien COVID-19. Masih ada ruang untuk mengantisipasi lonjakan pasien.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota pemkot parepare" href="https://rakyatku.com/tag/pemkot-parepare">(Pemkot) Parepare melalui manajemen Rumah Sakit Umum Daerah rsud andi makkasau parepare" href="https://rakyatku.com/tag/rsud-andi-makkasau-parepare">(RSUD) Andi Makkasau telah melakukan langkah antisipasi sejak dini lonjakan kasus COVID-19. Mulai dari persediaan obat, oksigen, ruang isolasi, hingga fasilitas lainnya dinyatakan cukup memadai.

Hal ini disampaikan Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Renny Anggraeny Sari, yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis (22/7/2021).

Renny menuturkan, total pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Andi Makkasau saat ini sebanyak 38 orang, terdiri atas warga Parepare sebanyak 30 orang dan warga luar 8 orang, dengan jumlah pasien terkonfirmasi positif 21 orang dan suspek 17 pasien.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Namun, kata dia, melonjaknya pasien COVID-19 tersebut, fasilitas di RSUD Andi Makkasau saat ini masih memadai dan terkendali.

"Stok obat-obatan kami masih cukup walaupun kemarin ada keluar prokes baru untuk pengobatan. Jadi kami berupaya melakukan antisipasi cepat sebelum protokol itu diberlakukan, yaitu pemberian pengobatan bagi pasien COVID mulai derajat ringan sedang dan berat adalah menggunakan Favipiravir tidak lagi menggunakan Oseltamivir," urai dr. Renny.

Untuk ketersediaan tempat tidur, tambahnya, sampai sekarang tiga rumah sakit, yakni RSUD Andi Makkasau, RS Fatimah, dan RS Sumantri semuanya masih memadai. Masih ada ruang untuk mengantisipasi lonjakan pasien.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

"Nakes (tenaga kesehatan) masih mencukupi dan jumlah tempat tidur yang tersedia, ICU 8 tempat tidur, NICU 5 tempat tidur, isolasi biasa 48 tempat tidur, 1 kamar operasi, dan 3 mesin hemodialisa," detail Magister Manajemen Rumah Sakit ini.

Kebutuhan tempat tidur akan ditambah dengan perkembangan kebutuhan lonjakan pasien tersebut. Sementara, untuk ketersediaan oksigen sampai saat ini di tiga RS di Parepare juga masih memadai dan stok dari pemasok oksigen berjalan normal dan dapat kami meminta penambahan jika ada peningkatan kebutuhan.

"Kita bekerja sama dengan penyedia yang menyuplai 150 tabung oksigen per hari. Ini sudah melampaui dari kebutuhan kita yang pada umumnya hanya digunakan 50 tabung oksigen per hari," ucapnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #RSUD Andi Makkasau Parepare