Senin, 19 Juli 2021 08:07

114 Dokter Meninggal di Juli 2021, Tertinggi Sepanjang Pandemi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Ini data-data yang dilaporkan, belum termasuk data yang mungkin belum dilaporkan ke kami," kata Ketua Pelaksana Harian Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Mahesa Paranadipa Maikel.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Ketua Pelaksana Harian Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Mahesa Paranadipa Maikel, mengungkapkan 114 dokter meninggal" href="https://rakyatku.com/tag/dokter-meninggal">dokter meninggal akibat COVID-19 hingga Sabtu (17/7/2021). Angka ini merupakan yang tertinggi sejak awal pandemi yang berlangsung sejak awal Maret tahun lalu.

Total tercatat 545 dokter yang meninggal sejak pandemi Maret tahun lalu, dengan angka kematian tertinggi di Jawa Timur dengan 110 kematian, disusul Jakarta 83 kematian, dan Jawa Tengah 81 kematian. Sebagian besar dokter yang meninggal tersebut berjenis kelamin laki-laki.

"Ini data-data yang dilaporkan, belum termasuk data yang mungkin belum dilaporkan ke kami. Tapi, data yang masuk ke kami angkanya sudah melebih 100 persen dari jumlah kematian bulan lalu," jelas Mahesa dalam konferensi pers daring, Minggu (18/7/2021).

Baca Juga : Bupati Adnan Minta IDI Gowa Berperan Turunkan Kematian Ibu Anak dan Stunting

Mahesa menambahkan spesialisasi dokter yang banyak meninggal merupakan dokter umum, diikuti dokter kandungan, kebidanan, penyakit dalam dan bedah. Sebagian besar mereka berjenis kelamin laki-laki.

Tim mitigasi IDI juga mencatat ratusan tenaga kesehatan meninggal sepanjang pandemi, rinciannya perawat 445 orang, apoteker 42 orang, bidan 223 orang, dan tenaga laboratorium 25 orang.

Sumber: VOA Indonesia

#IDI #dokter meninggal