Sabtu, 17 Juli 2021 19:01

Kemenag dan Ribuan Umat Lintas Agama di Sulsel Langitkan Doa agar Pandemi Segera Berakhir

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kemenag dan Ribuan Umat Lintas Agama di Sulsel Langitkan Doa agar Pandemi Segera Berakhir

Kegiatan yang digelar secara virtual melalui Zoom meeting dan live di medsos Kemenag Sulsel juga diikuti ribuan partisipan.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Kantor Wilayah Kementerian (Kanwil) Agama Sulawesi Selatan menggelar doa bersama dalam acara puncak Ikhtiar Bathin Kemenag Sulsel Untuk Keselamatan Bangsa. Acara ini diikuti jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel.

Hadir mulai pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Andi Ina Kartika Sari, Kapolda Irjen Pol Merdisyam, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Syafei Kasno, kepala Kejaksaan Tinggi, serta tokoh dan ormas lintas agama se-Sulsel.

Selain itu kegiatan yang digelar secara virtual melalui Zoom meeting dan live di medsos Kemenag Sulsel juga diikuti ribuan partisipan.

Baca Juga : Debarkasi Makassar Tutup Operasional Layanan Jemaah Haji setelah Pemulangan Kloter 43

Kakanwil Kemenag Sulsel, H Khaeroni mengatakan zikir dan doa bersama ini merupakan ikhtiar batin untuk menyempurnakan upaya lahir yang sudah dilakukan pemerintah dan berbagai pihak dalam menangani pandemi ini.

"Doa merupakan ikhtiar batin, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi ini segera usai, bahwa dengan berdoa, kita kuatkan spiritualitas, optimisme, harapan, dan keyakinan bahwa kita dapat menghadapi pandemi ini dan kondisi akan segera kembali normal," katanya.

Baca Juga : Kloter 20 Tutup Gelombang I Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Makassar

Khaeroni berharap ikhtiar batin ini mampu menggerakkan kesadaran dan optimisme bersama seluruh lapisan masyarakat yang ada di Sulsel untuk terus mendoakan negeri ini khususnya Sulsel.

"Kita tidak pernah tahu, dari mulut siapa doa ini diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Khaeroni, Sabtu (17/7/2021).

Pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyebut dirinya merasa lebih kuat dengan adanya para tokoh agama yang terus memanjatkan doa dan senantiasa membantu dan menjaga umatnya menumbuhkan sportivitas solidaritas dalam mengatasi pandemi khususnya di Sulsel ini.

Baca Juga : 392 Jemaah Haji Kloter Pertama Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air

"Mari berpositif thinking bersama. Saat ini bukan lagi tempatnya memperbesar perbedaan, tapi mari bergotong royong mengatasi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Sudirman.

Kegiatan doa bersama ini kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin tokoh masing-masing perwakilan agama.

Agama Islam dipimpin AGH Faried Wadjedy, agama Kristen diwakili Pdt Adrie O Massie, Hindu diwakili Pinandita Wayan Nentra, Buddha diwakili Bhikkhu Silayatano, Konghucu diwakili JS Erfan Sutono, dan Katolik diwakili RD Paulus Tongli LIC.

Penulis : Usman Pala
#kanwil kemenag sulsel