Sabtu, 03 Juli 2021 22:02

Survei Terbaru Voxpol Center: Prabowo Paling Dikenal, Mengapa Ganjar Pranowo yang Menang?

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Survei Terbaru Voxpol Center: Prabowo Paling Dikenal, Mengapa Ganjar Pranowo yang Menang?

Tingginya tingkat keterkenalan Prabowo Subianto di masyarakat karena sudah mengikuti tiga kali pemilihan presiden.

RAKYATKU.COM -- Voxpol Center merilis hasil survei terbaru, Sabtu (3/7/2021). Prabowo Subianto masih paling dikenal di antara para kandidat yang disurvei.

"Prabowo Subianto itu kita sudah tahu. Cukup tinggi dikenalnya yaitu 87,9 persen," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago.

Menurut Pangi, tingginya persentase keterkenalan Prabowo Subianto di masyarakat karena sudah mengikuti beberapa kali pemilihan presiden (pilpres).

Baca Juga : Dari Makassar, Sekjen Gerindra Umumkan Prabowo Subianto Capres 2024

Prabowo sudah tiga kali ikut pilpres, baik sebagai capres maupun calon wakil presiden.

Setelah Prabowo, ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang menempati posisi kedua paling dikenal responden dengan persentase 87,7 persen.

Disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan persentase keterkenalan sebanyak 86,8 persen. Lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 79,6 persen.

 

Posisi kelima, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan persentase keterkenalan mencapai 76 persen, dan Ketua DPR Puan Maharani 74,3 persen.

Baca Juga : Relawan AAS se-Nusantara Mulai Bergerak dan Solidkan Kekuatan, Andi Amran Fokus Kerja Sosial Bangun Masjid

Namun, dari elektabilitas atau tingkat keterpilihan, Voxpol Center merilis fakta mengejutkan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang tertinggi jika pilpres digelar saat ini.

Sponsored by MGID

Ganjar memiliki persentase dipilih responden mencapai 17,3 persen dalam survei top of mind ini. Nama Ganjar muncul secara spontan dari responden survei ketika ditanya jika pemilihan presiden dilaksanakan pada hari ini, siapa yang akan dipilih.

"Jadi publik menjawab dengan refleks, tanpa disodorkan nama, mereka yang terjadi ini hasilnya Ganjar Pranowo 17,3 persen," kata Pangi.

Baca Juga : Karakter Pemilih Andi Amran Kuat dan Militan, Siapapun Pasangannya Suara Naik

Pada posisi dua top of mind, tercatat nama Presiden Joko Widodo yang justru masih muncul di masyarakat sebagai capres 2024 dengan persentase mencapai 16,8 persen.

Posisi ketiga yaitu ada nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan persentase 16,5 persen. Lalu, posisi keempat ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan persentase 13,7 persen responden.
Selanjutnya ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 8,3 persen.

Lalu ada nama Ridwan Kamil dengan 3,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,3 persen, Puan Maharani 1,3 persen, Tri Rismaharini 0,9 persen, dan Erick Thohir 0,9 persen.

Baca Juga : Prabowo Subianto Bertemu Ridwan Kamil, Netizen: Bismillah 2024

Adapun survei tersebut dilakukan selama 10 hari dari 22 Juni hingga 1 Juli 2021 dengan menggunakan metode wawancara melalui telepon.

Survei memanfaatkan data base 32.000 nomor handphone yang dimiliki Voxpol Center dan dibentuk dengan metode multistage random sampling.

Adapun margin of error sebesar lebih kurang 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Terdapat 1.200 responden dengan proporsi 50:50 antara laki-laki dan perempuan.

Sponsored by advertnative
 
#Pilpres 2024