Minggu, 27 Juni 2021 17:33

Plt Gubernur Sulsel Minta Percepat Penyaluran Bantuan untuk Korban Banjir Wajo

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel Minta Percepat Penyaluran Bantuan untuk Korban Banjir Wajo

Puluhan warga Desa Inalipue, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo terdampak atas musibah bencana banjir bandang yang terjadi pada Sabtu, 26 Juni 2021.

RAKYATKU.COM - Plt Gubernur pemprov sulsel" href="https://rakyatku.com/tag/pemprov-sulsel">Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meminta seluruh pihak terkait, untuk mempercepat penyaluran bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Wajo.

Puluhan warga Desa Inalipue, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo terdampak atas musibah bencana banjir bandang yang terjadi pada Sabtu, 26 Juni 2021.

Banjir bandang tersebut terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Akibat banjir bandang itu sebanyak 40 KK atau 123 jiwa terdampak dan ada pula yang mengungsi 5 KK atau 11 jiwa. Dengan kerusakan 5 unit rumah rusak berat, 4 unit rumah rusak ringan, 40 unit rumah terdampak, 1 unit kantor Desa terdampak, 2 unit sekolah terdampak.

Saat ini, anggota TRC BPBD Kabupaten Wajo melakukan upaya asesmen dan evakuasi yang dilakukan di lokasi banjir bandang. BPBD Provinsi Sulsel memastikan stok logistik aman untuk masyarakat terdampak banjir bandang.

“Beberapa minggu kemarin, BPBD Provinsi sudah berkeliling di Kabupaten untuk memberikan buffer stok logistik. Dan tim dari BPBD kabupaten sudah menyalurkan kepada masyarakat terdampak,” kata Nimal.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Kunjungi RSUD Lamaddukelleng Sengkang

Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, agar stok logistik dari provinsi aman di daerah, jika terjadi musibah.

“Atas arahan bapak Plt Gubernur Sulsel agar kami melakukan percepatan pemberian bantuan bila mana ada kejadian di kabupaten. Kejadian di Wajo, kami tetap monitor dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten. Informasi terakhir, air sudah mulai surut,” bebernya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menghimbau masyarakat untuk tetap waspada di tengah kondisi cuaca saat ini.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

“Kami turut prihatin atas musibah di Kabupaten Wajo. Alhamdulillah, informasi terakhir banjir di Desa Inalipue sudah mulai surut. TRC BPBD Kabupaten Wajo dan Provinsi telah turun ke lapangan untuk memastikan bantuan logistic siap untuk disalurkan kepada korban bencana,” katanya.

“Mari saling bersama saling bahu membahu membantu korban terdampak, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan serta menjaga imun tubuh,” tuturnya.

#Pemprov Sulsel #Banjir Bandang #pemkab wajo